Desa Montong Are Bangun Ekonomi Sektor Pertanian Ditengah Pandemic

Mawardi Sekdes Montong Are
Mawardi Sekdes Montong Are

Matarammetro-Desa Montong Are Kecamatan Kediri Lombok Barat adalah bagian gugusan desa yang berada di Kabupaten Lombok Barat yang emiliki kawasan pertanian yang masih sangat luas. Masyarakat pedesaan Montong Are yang masih dimanja dengan alam menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah desa dalam membangun etos kerja untuk memacu pembangunan dipedesaan.

Mawardi Sekdes Montong Are ditemui Matarammetro dalam blusukan mengatakan, penularan pandemic Covid-19 makin mempersempit ruang gerak pembangunan ekonomi yang berpengaruh pada menurunnya angka penjualan hasil pertanian disertai melemahnya daya beli masyarakat, Kamis 4 Februari 2021.

“ Desa Montong Are merupakan desa yang masih memiliki kawasan pertanian yang sangat luas. Masyarakat kami ekonominya sangat bergantung pada sector pertanian. Masyarakat pedesaan Montong Are sangat manja dengan alamnya sehingga etos kerjanya masih rendah. Kondisi ini adalah tantangan bagi kami untuk mendorong etos kerja masyarakat agar menjadi lebih baik. Namun pandemic Covid-19 ini telah mempersempit runag gerak kami dalam membangun diri dan memperkuat tatanan ekonomi pedesaan. Terbatsnya ruang gerak mempengaruhi menurunnya angka penjualan hasil pertanian dan melemahnya daya beli masyarakat desa,” keluhnya.

Mawardi juga menuturkan bahwa wilayah desa Montong Are memiliki puluhan potensisumber daya alam yang dapat dikembangkan seperti sumber air bersih yang direncanakan akan dibangunkan Perusdes air bersih dalam kemasan. Selain itu mawardi juga berkeinginan agar desanya memiliki alat pengolahan hasil pertanian cabe. Karena menurutnya pada saat hasil panen cabe melimpah dan diikuti anjloknya harga, maka sebagian besar cabe cabe  tersebut terbuang karena proses pembusukan.

Selain itu Mawardi juga berhajat akan mengembangkan tanaman bunga Matahari sebagai tanaman tumpang sari yang rencananya akan diolah menjadi Kwaci produksi pedesaan yang akan dikelola oleh Bumdes kedepan. (N3G)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here