Categories Berita

Pulihkan Karakter Siswa Pasca PKL SMKN 3 Mataram Turunkan Denpal Rehabilitasi Disiplin

Matarammetro-Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang dilaksanakan siswa/siswi kelas XII SMKN 3 Mataram selama 5 bulan berbaur dalam lingkungan dunia industri dan dunia usaha untuk mengasah karakter kemandirian kewira usahaan berakhir Sabtu minggu lalu.

Untuk memulihkan karakter kesiswaan setelah cukup lama diluar sekolah, SMKN 3 Mataram menerjunkan TNI DENPAL 09-XII/02 Mataram untuk penguatan kembali disiplin siswa dengan pembekalan pelajaran baris berbaris (PBB) dan wawasan wiata mandala (wawasan kebangsaan) sebagai langkah rehabilitasi (pemulihan),  Kamis 23 November 2023.

Kepala SMKN 3 Mataram Sulman Haris, S.Ag., M.Si., diruang kerjanya menjelaskan bahwa kegiatan tersebut semata mata untuk mengembalikan karakter aslinya sebagai siswa/siswi setelah PKL diluar membangun jiwa dunia usaha, Kamis 23 November 2023.

” Mereka harus kembali sebagai siswa berkarakter setelah berbulan bulan dalam aturan dunia usaha selama PKL. Mereka harus kembali pada aturan sekolah, wawasan wiyatamandalanya harus kuat dengan penyegaran disiplin dan tata tertib melalui latihan PBB sebagai langkah ikhtiar,” terang Haris.

Dandenpal 09-XII/02 Letda CPL Eko Prasetio disela sela kesibukannya menyampaikan materi didampingi 2 anggotanya mengatakan bahwa program tersebut sesuai permintaan sekolah untuk mengembalikan karakter siswa melalui PBB, wawasan kebangsaan dan cinta tanah air.

“Kami sesuai dengan permintaan sekolah untuk membina adek adek ini pulang dari PKL, Mungkin kehidupan di PKL yang diluar peraturan sekolah telah mempengaruhi secara kejiwaan, sehingga maksud kepala sekolah dengan program yang kami  terapkan melatih PBB dan wawasan kebangsaan agar mental para siswa/siswi SMKN 3 Mataram kembali kepada karakter SMKN 3 Mataram yang siap mandiri dan berdikari sebagai pengusaha setelah lulus sekolah sebagaimana tujuan MEKTI BISA, SMEKTI JUARA, dan SMEKTI HEBAT,”terang Eko.

Dalam pesan penutupan kegiatan tersebut Kepala SMKN 3 Mataram Sulman Haris, S.Ag., M.Si., menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sebagai sebuah Ikhtiar berkelanjutan untuk Penyegaran kembali kepada semua Peserta Didik Kelas XII yang baru balik dari PRAKTIK KERJA LAPANGAN untuk penguatan Wawasan WIYATA MANDALA.

“Selesai dari Lapangan Kembali Belajar di Lingkungan Sekolah Penyegaran bersama DETASEMEN PERALATAN IX/2 Mataram pembinaan KARAKTER DAN AKHLAK MULIA dengan Tim Building dan Kekompakan,”imbuhnya sembari mengajak para siswa untuk menggaungkan yel yel SMKN 3 Mataram sembari berpesan agar BERSAMA KITA BISA, TETAP BERKOLABORASI, OBYEKTIF,MANDIRI, PROFESIOANAL, AMANAH, KOMPETEN, dan KOMPAK SELALU SMEKTI JUARA.(N3G)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

mungkin menarik