Jum’at Salam Bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB Di Desa Gelangsar

Jum’at Salam Bersama Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB H. Mahdi, S.H., .M.H., foto bersama Jararan Pemdes Gelangsar didepan beranda Kantor Desa Gelangsar diakhir kunjungannya. 24 November 2023.
Jum’at Salam Bersama Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB H. Mahdi, S.H., .M.H., foto bersama Jararan Pemdes Gelangsar didepan beranda Kantor Desa Gelangsar diakhir kunjungannya. 24 November 2023.

Matarammetro-Jum’at Salam merupakan program mingguan Pemprov NTB dalam menyerap aspirasi lagsung dari masyarakat untuk NTB Maju Melaju yang digelontorkan PJ Gubernur untuk pemerataan pembangunan dan ekonomi masyarakat.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi NTB melakukan anjangsana Jum’at Salam 24 November 2023 di Desa Gelangsar Kecamatan Gunungsari Lombok Barat menghimpun sejumlah informasi potensi desa yang akan ditindak lanjuti dengan program pemberdayaan dan gemar membaca melalui kerjasama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi NTB dengan Pemdes Gelangsar dalam Perpustakaan Desa.

Hal tersebut dijelaskan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB H. Mahdi, S.H., .M.H., usai foto bersama didepan beranda Kantor Desa Gelangsar diakhir kunjungannya.

“Pada hari ini kita berada di Desa Gelangsar Kecamatan Gunungsari Lobar. Banyak hal yang kita diskusikan dengan perangkat desa dan Kades dari potensi Desa, permasalahan sosialnya, harapan kedepan untukl masyarakat untuk mempercepat komunikasi,”terangnya.

Foto potensi sumberdaya air tanah yang mengalir dari hutan tropis Desa Gelangsar
Foto potensi sumberdaya air tanah yang mengalir dari hutan tropis Desa Gelangsar

Dikatakannya bahwa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB akan segera melakukan langkah awal sebagai tindak lanjut dengan program data bis Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, yakni program yang merancang penguatan peran Perpustakaan umum (Perpustakaan Umum Kabupaten, dan Perpustakaan Umum Desa Kelurahan). Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial merupakan pendekatan pelayanan perpustakaan yang berkomitmen meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

“Kami dalam program itu ada kegiatan pemberdayaan masyarakat terutama upaya merubah mainset masyarakat  yang rtadinya hanya membaca buku untuk menemukan inovasi baru untuk menumbuhkan kegiatan kegiatan ekonomi. Insyaallah dalam waktu dekat ini akan jadi prioritas Desa Gelangsar menjadi salah satu desa yang masuk dalam program Telebis Kita,”terangnya.

Untuk diketahui bahwa Desa Gelangsar adalah desa paling pinggir di kecamatan Gunungsari dengan potensi agrowisata berupa hamparan hutan tropis dengan sumberdaya ekonomi utama masyarakat disektor perkebunan hutan dan pertanian yang berbatasan langsung dengan Lombok Utara.

Di Desa Gelangsar inilah terdapat bukit Korea yang menjulang anggun kerap didatangi pecinta alam dan gunung gelangsar dengan puluhan sensasi vew yang dapat dinikmati mata sembari menikmati buah buahan hasil hutan rakyat serta kulliner asli pedesaan. (N3G)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here