SMKN 2 Mataram Boyong 2 Trophy LKS 2023 Adu Kelas 10
Kepala SMKN 2 Mataram H. Munawar, S. Sos., S. Kom., MM,

Matarammetro-SMKN 2 Mataram mengirimkan 7 orang siswanya untuk mengikuti 6 mata lomba dalam ajang LKS NTB 2023 Lombok Timur yang digelar Senin 5 Juni hingga Kamis 8 Juni lalu. Dari 6 mata lomba tersebut hanya 2 mata lomba yang berhasil meraih juara 1 yakni Teknik Desain Laman (Web Technologies) oleh Yori Rizky Akbar dinomor 23 urut 5 dengan nilai 168,62 juara 1 dan Syaddad Khairi dimata lombaTeknologi Informasi Piranti Lunak untuk Bisnis (IT Software Solution for Business), di urut 18 dengan perolehan nilai 128,2 , juara 1.

Berikutnya di urut 223 nomor 2 atas nama Muhammad Pandji Dwi Hutomo dan Muhammad Ali Akbar mengikuti mata lomba CYBER SECURITY dengan nilai 48,4 meraih juara 3.  Di urut 8 nomor 8 atas nama  M. Januarta Saputra dengan mata lomba Kabel Jaringan Komputer Informasi (Information Network Cabling) dengan nilai 128 meraih juara 5.

Reza Abdurrahman di urut 107 nomor 3 mengikuti mata lomba Teknologi Informasi Sistem Administrasi Jaringan (IT Network System Admninistration) peroleh nilai 1069,5 raih juara  5  dan di urutan 228 nomor 2 Muhamad Alfian Ramdhani mengikuti mata lomba CLOUD COMPUTING dengan nilai 58,08 juara 5.

Hal tersebut dipaparkan Kepala SMKN 2 Mataram H. Munawar, S. Sos., S. Kom., MM, diruang kerjanya Selasa 13 Juni 2023.

“Kami cukup bangga dengan hasil yang diraih anak anak kami dua orang juara 1 kendatipun salah satu siswa yang kami kirim dari kelas 10 dan ternyata mampu meraih juara 3, juara 3 inilah andalan kami tahun berikutnya,”imbuhnya.

Terkait kiatnya dalam membina para juaranya, Munawar mengatakan bahwa pihaknya tidak pernah memasang target kepada anak didiknya, sehingga mereka nyaman dan apa yang sudah mereka persembahkan untuk nama baik sekolahnya sudah cukup membanggakan.

“Untuk persiapan LKS tingkat nasional kami akan magangkan mereka Surabaya agar benar benar matang untuk bertarung ditingkat nasional. Pemagangan mereka atas biaya sendiri dan wali murid sudah sepakat dan sanggup. Pihak sekolah hanya membiayai guru pendamping selam pemagangan,”ulasnya.

SMKN 2 Mataram Boyong 2 Trophy LKS 2023 Adu Kelas 10
Suasana Pra PPDB SMKN 2 Mataram Selasa 13 Juni 2023.

Selain itu, menurut Munawar, bahwa animo masyarakat terhadap SMK meningkat pasca prestasi LKS. Saat ini jumlah peserta yang ikut tes fisik saja, sebanyak 1200 orang. Dari Jumlah ini, sekitar 450 orang melalui jalur online.

“Kalau yang akan kami terima sebagai siswa, jumlahnya 448 orang untuk enam jurusan. Dan jumlah itu untuk mengisi 14 kelas, suksesnya LKS NTB 2023 Lotim menjadi daya dorong dan maghnet baru SMK” rincinya.

Kendati demikian, pihaknya masih menghadapi kendala berupa kurang jumlah guru produktif (Guru Jurusan). Keberadaan guru P3K menurutnya tidak sebanding dengan kebutuhan guru di sekolah.

“Memang bukan kami saja, tapi SMK lain juga kurang. Kalaupun ada P3K masih belum tercukupi. Karena yang dulu- dulu tidak pernah diimbangi, program P3K ini kan baru tahun ketiga. Seandainya ditutup dari dulu maka guru produktif tidak langka,” tutupnya(N3G)

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *