Ketua Panitia LKS, H. Sahlan Sebut Penilaian Karnaval Pada Karakteristik dan Artistik

Ketua Panitia LKS H. Sahlan, S.Pd. ditengah keramaian karnaval budaya pembukaan LKS SMK/SLB dan OSN Lombok Timur
Ketua Panitia LKS H. Sahlan, S.Pd. ditengah keramaian karnaval budaya pembukaan LKS SMK/SLB dan OSN Lombok Timur

Matarammetro-Pembukaan Lomba Kompetensi Siswa ( LKS ) 2023 berlangsung meriah digelar di Taman Rinjani Selong – Lombok Timur, Senin ,5/6/2023.

LKS yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ( Dikbud ) Prov. NTB bekerja sama dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah ( MKKS ) SMK Negeri dan swasta ini bertujuan meningkatkan kompetensi siswa.

LKS Tahun 2023 ini diawali dengan Karnaval antar sekolah yang ada di Kab. Lombok Timur, dan dibuka oleh Kepala Dinas Dikbud NTB Dr. H. Aidy Furqan, S.Pd,.M.Pd, didampingi Bupati Lotim H. Sukiman, perwakilan Gubernur NTB Asisten 1 Setda Prov. NTB, dan jajaran panitia LKS.

“Kegiatan LKS SMK, SLB dan OSN tingkat SMA Prov. NTB ini didukung atau disuport dengan 3 kegiatan, yaitu karnaval, kegiatan expo, dan kegiatan pentas seni,” ungkap Ketua Panitia LKS H. Sahlan, S.Pd.

30 Ribu Orang Ramaikan Pembukaan LKS SMK/SLB dan OSN di Lotim
30 Ribu Orang Ramaikan Pembukaan LKS SMK/SLB dan OSN di Lotim

Untuk kegiatan karnaval diselenggarakan hari ini sekaligus dilakukannya pembukaan LKS SMK, SLB dan OSN SMA, katanya.

Dijelaskan beliau start karnaval yang awalnya dimulai dari Pom Bensin Pancor, beralih ke perempatan Mesjid Pancor dikarenakan terlalu ramai dan finisnya di depan Kantor PLN Selong.

Kegiatan pembukaan LKS ini akan diawali dengan laporan dari Kepala Dinas Dikbud NTB Dr. H. Aidy Furqan, M.Pd, selanjutnya beliau akan menyerahkan peserta LKS dan OSN itu kepada Bupati Lombok Timur, lanjutnya.

“Pembukaan juga dilakukan dengan pelepesan 100 ekor burung merpati yang sudah disiapkan oleh Kepala Bidang Kebudayaan.”

Nantinya ada 37 yang akan diperlombakan, masing-masing mempunyai kategori dan karakteristik tertentu, misalkan bidang perhotelan yang menyangkut tentang kerapian  penyambutan tamu dan lainnya.

LKS SMK ini diikuti oleh 307 peserta termasuk negeri dan swasta, 60 SLB, dan 420 peserta OSN SMA se-NTB, imbuhnya.

“Karnaval ini nantinya akan dinilai oleh tim juri dari unsur budayawan dari sisi karakteristik dan artistik serta kerapian,”lanjutnya.

Ditanya tentang persiapan dari sekolahnya sendiri SMKN 2 Selong, Sahlan mengatakan sudah seluruh siswa siswinya sudah siap dalam mengikuti LKS ini.

“Alhamdulillah di SMKN 2 Selong sendiri akan mengikuti 6 bidang perlombaan dan sudah dipersiapkan dengan baik.”

Harapannya tentu bisa menang dan menjadi juara ditahun ini, dan memang benar-benar keluar sebagai juara bukan hanya sekedar sebagai sekolah pengampu dan tuan rumah LKS  jelasnya.(N3G)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here