Kunjungan Perdana Kadiskes Loteng Di Posyandu Mekarsari Bawa Aura Baru
Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kabupaten Lombok Tengah Dr. H. Suardi, SKM,MPH melakukan kunjungan pertama kali ke posyandu Mekarsari Kecamatan Praya Timur,11/3/2023., Berikan Bantuan Wearles untuk penyuluhan

Matarammetro, Lombok Tengah- Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kabupaten Lombok Tengah Dr. H. Suardi, SKM,MPH melakukan kunjungan pertama kali ke posyandu Mekarsari Kecamatan Praya Timur,11/3/2023.

Kunjungan tersebut mendapatkan sambutan hangat dr. Wirra Pranatta, S. Kep, Kepala Puskesmas (Kapus) Mujur Kecamatan Paraya Timur, yang menurutnya akan memberikan aura berbeda dari sebelumnya.

“Hari ini Sabtu 11/3/2023.pukul .0.90 -12.30 wita kami mendapat kunjungan dari Pak Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok-Tengah Dr. H. Suardi, SKM,MPH di posyandu Mekarsari Kecamatan Praya Timur. Kunjungan beliau ini adalah sebuah kehormatan bagi kami yang ketumbenan dikunjungi. Kedatangan beliau memberikan aura baru dan suasana berbeda Puskesmas Mujur dan Posyandu binaan kedepannya. Beliau memberi kami motifasi dan energy baru,”ungkap dr. Wira.

Dikakatannya juga bahwa, kunjungan pertama Kadis Kesehatan ke posyandu Mekarsari, selain mendapat kesempatan tatap muka dengan para kader, masyarakat dan teman Posyandu PKM Mujur, beliau juga memberikan bantuan wearles untuk Posyandu Mekar Sari, bantuan yang lain untuk kebutuhan posyandu akan menyusul kemudian.

Lanjut dr. Wirra,” Disetiap desa ada beberapa Posyandu biasanya Posyandu ada disetiap dusun. Di desa mujur ada 20 posyandu, posyandu Mekar sari merupakan Posyandu percontohan Desa Mujur,”imbuhnya.

Menurutnya, Posyandu Lombok Tengah sudah berevolusi menjadi Posyandu keluarga.

“Jadi, sekarang semua anggota keluarga, bisa ke posyandu, dari ibu hamil,bayi, remaja, lansia,dan yang menderita penyakit tidak menular lainnya, diantarnya hipertensi, dan diabetes melitus.  Tujuan didirikan Posyandu Keluarga, untuk mendekatkan pelayanan yang terpadu ke masyarakat, dan yang berperan besar di posyandu adalah kader, petugas PKM hanya memfasilitasi saja. Diposyandu yang di lakukan adalah pencegahan , memberikan penyuluhan,mengedukasi masyarakat tentang kesehatan, posyandu bukan untuk pengobatan,”paparnya.

Dalam kesempatan tersebut dututurkannya juga bahwa, Kadis Kesehatan Lombok Tengah punya keinginan memperbaiki semua Posyandu yang ada di Lombok Tengah secara bertahap.

“Pak Kadis peunya keinginan besar, beliau ingin memperbaiki semua posyandu se Lombok Tengah secara bertahap, itulah sebabnya beliau datangi semua Posyandu untuk mendapatkan masukan sebanyak banyaknya dari posyandu terutama para kader,”tuturnya.(Rsl)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *