Lubang Akases Jalan Desa Prako-Pemantek Menunggu Digoyang Pemda
Lubang Akases Jalan Desa Prako-Pemantek Menunggu Digoyang Pemda

Matarammetro, Lombok Tengah-Kondisi ruas jalan kabupaten yang melintasi Desa Prako Kecamatan Janapria menuju Desa Beleka Kecamatan Praya Timur membutuhkan perhatian pemerintah. Pasalnya, kondisi jalan tersebut sangat memperihatinkan lantaran disepanjang jalan banyak lubang dan gelombang yang menggoyang pengendara saat melintas dijalan tersebut.

Taqwa Kepsek SDN Pemantek pengguna jalan secarara rutin setiap hari mengatakan bahwa kondisi jalan tersebut sangat membutuhkan membutuhkan perhatian pemerintah, pasalnya jalan akses alternatif menuju Bandara internasional Lombok (Bil) tersebut sekitar 2,5 kilometer dari perbatasan Desa Prako menuju Desa Beleka kondisinya rusak parah.

“Memang dari pintu Timur Beleka hingga perbatasan ini yang kondisinya sangat rusak parah, kalau di pintu masuk arah barat prako 50 meter kondisinya masih lumayan,” ungkapnya.

Menurutnya kondisi jalan yang rusak tersebut cukup menganggu para pengguna jalan seperti dirinya yang mengaku seperti digoyang gempa. Terlebih akses jalan tersebut sering dilalui oleh dum truck yang mengangkut material sehingga salah satu pengendara harus berhenti saat hendak berpapasan terlebih pada titik- titik jalan yang berlubang.

“Kita minta pemerintah segera atensi masalah jalan ini, ini sudah masuk rusak parah kondisinya,”harapnya.

Hal senada juga disampaikan pengendara lainnya. Dimana lalu lintas dum truk besar memang setiap hari selalu ramai di jalan tersebut, kondisi ini juga, sebutnya, mempercepat pelebaran lubang dan gelombang di sepanjang jalan tersebut.

“Lubangnya kecil-kecil dulu, tetapi karena banyak dam truk yang lewat, jadi sudah setengah badan jalan yang berlubang dan bergelombang,” jelas Arsyad.

Pihaknya tidak menyalahkan dum truCk yang melintas di jalan tersebut, sebab jalan tersebut sebenarnya membutuhkan peningkatan dari pemerintah daerah sehingga mantap dan mulus seperti dihulu dan hilirnya.

“Memang ini sudah waktunya di perbaiki seperti dari hulunya diganti itu,” katanya.

Pihaknya berharap perbaikan jalan tersebut bisa masuk prioritas pemerintah daerah pada awal tahun ini agar nantinya bisa memudahkan para pengendara dan wisatawan yang melintas melalui jalan alternatif tersebut.

Sebelumnya, Kades Prako H.Satar,SH,. juga menjelaskan jika akses jalan dari Prako menuju Desa Beleka Kecamatan Praya Timur tersebut sudah mulai digunakan sebagai jalan alternatif bagi para warga Sepit Lotim yang menuju Bil. Hal ini terlihat adanya lalu lintas bus yang beberapa kali nampak melintasi jalan tersebut.

“Sudah sering bus warga Sepit Lotim melintas di jalan ini,” ujarnya. (Rsl)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *