RSUP NTB Gelar Hari Anak Nasional 2022  

Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2022 tersebut, PKRS, Humas dan KSM Anak serta Tim Medis di ruang perawatan anak Gili Nanggu, ruang NICU dan klinik Anak RSUD Provinsi NTB menggelar rangkaian kegiatan sejak hari pertama hingga puncaknya pada tanggal 23 Juli 2022.
Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2022 tersebut, PKRS, Humas dan KSM Anak serta Tim Medis di ruang perawatan anak Gili Nanggu, ruang NICU dan klinik Anak RSUD Provinsi NTB menggelar rangkaian kegiatan sejak hari pertama hingga puncaknya pada tanggal 23 Juli 2022.

Dalam Rangka Hari Anak Nasional Tahun 2022, RSUD Provinsi NTB Menggelar Kegiatan Yang Meningkatkan Pola  Asah, Asih, Asuh  Dan Pelayanan Yang Berkualitas Bagi Tumbuh Dan Kembang  Anak

Matarammetro-Anak adalah anugerah, amanah, dan karunia Tuhan Yang Maha Esa. Anak adalah masa depan bangsa. Peringatan Hari Anak Nasional pertama dicetuskan pada masa pemerintahan Presiden Soekarno hingga sekarang dan seterusnya, sebagai wujud kepedulian seluruh bangsa terhadap perlindungan anak Indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimal, dengan mendorong keluarga menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak, sehingga akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia, dan cinta tanah air.

Mantan Presiden Amerika Serikat menyatakan bahwa “anak-anak adalah sumber daya yang paling berharga di dunia dan harapan terbaik untuk masa depan”.

Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) Tahun  2022 tersebut, PKRS, Humas dan  KSM Anak serta  Tim Medis  di ruang perawatan anak Gili Nanggu, ruang NICU dan klinik Anak RSUD Provinsi NTB menggelar rangkaian  kegiatan sejak hari pertama hingga puncaknya pada tanggal 23 Juli 2022.

Rangkaian kegitan tersebut berupa Menyambut Hari Anak Nasional 2022 yang bertepatan tanggal  21 Juli 2022 yang digelar diRuang Pediatri Gili Nanggu RSUD Provinsi NTB dengan kegiatan membaca bersama di Ruang Bermain Ruang Gili Nanggu bekerjasama dengan pustakawan dan Tausyiah Islami dengan Tema “Merawat Anak Sakit dalam Pandangan Islam”

Penyerahan Hadiah Lomba Ruang Bersih dan Sayang Anak dengan hasil sebagai berikut ; Juara I  Ruang  NICU menerima hadiah uang tunai  1.5 juta, Juara 2 Ruang  PICU dengan hadiah yang diterima  1 juta dan Juara 3 ada 2 yaitu Ruang Gili Nanggu dan Poli Anak yang masing-masing menerima hadiah Uang  Rp. 750.000.-
Penyerahan Hadiah Lomba Ruang Bersih dan Sayang Anak dengan hasil sebagai berikut ; Juara I Ruang NICU menerima hadiah uang tunai 1.5 juta, Juara 2 Ruang PICU dengan hadiah yang diterima 1 juta dan Juara 3 ada 2 yaitu Ruang Gili Nanggu dan Poli Anak yang masing-masing menerima hadiah Uang Rp. 750.000.-

Selanjutnya dihari kedua kegiatan HAN (22 Juli 2022) diisi dengan edukasi seputar kesehatan dan perawatan bayi dan anak-anak. Karena membangun generasi sehat, sangat penting untuk kemajuan bangsa dan negara.  Tema edukasi yang diangkat juga beragam dan menarik antara lain,”

  • Untuk edukasi di ruang perawatan anak Gili Nanggu mengangkat tema “Gizi pada Anak” yang disampaikan oleh Ida Ayu Putu Yuni Astuti, SST. Gz dan “Pentingnya Hand Hygiene” oleh Ns. Dwi Tambora, S.Kep.
  • Untuk di ruang perawatan NICU, materi disampaikan oleh Desak Putu Rosmalasari, AMd. Keb mengenai “Pemberian ASI dan Praktek Pemijatan pada Bayi”.
  • Edukasi di klinik anak mengambil tema “Pemberian Makan pada Bayi dan Anak : Mitos dan Fakta” yang disampaikan oleh dr. Rifa Atuzzaqiyah, M.Sc., Sp.A.
  • Disamping kegiatan edukasi, diberikan juga quiz dan games untuk menambah keseruan dan keceriaan anak-anak.
  • Penilaian lomba kebersihan dan keindahan ruangan sayang anak dilaksanakan dengan melibatkan Tim Penilai yang berasal PKRS, Rawat Inap dan KSM Anak. Kriteria kekompakan dan keindahan serta kebersihan/ kerapian.

Dan sebagai acara  puncak HAN digelar pada Sabtu 23 Juli 2022 yang dihadiri oleh Jajaran Direksi, Manajemen, KSM Anak, Kepala Ruangan Gilinanggu, NICU, PICU dan Kepala Poli Anak beserta Tim.

Acara puncak tersebut diwali dengan laporan Ketua Panitia Hari Anak Nasional Tahun 2022 “dr. Linda, Sp.A”  memaparkan bahwa kegiatan peringatan HAN tersebut terselenggara berkat dukungan semua pihak di RSUD Propinsi NTB.

“Apresiasi juga  kami berikan kepada semua Panitia dan Pihak yang terlibat dalam menyelenggarakan rangkaian peringatan HAN Tahun 2022 di RSUD Provinsi NTB. Harapan ke depan kita memberi pelayanan  lebih maju lagi sehingga dapat berkontribusi lebih bagi Masyarakat NTB,” ujarnya Sabtu,23/07/22.

Disampaikannya juga ucapan terimakasihnya bahwa semua pihak telah mendukung kesuksesan Acara Ini.

Dalam kesempatan yang sama Direktur RSU Provinsi NTB, Dr. H. Lalu Herman Mahaputra  melalui Wakil Direktur Pelayanan “dr. Hj. Qomarul Islamiyati, Sp.KJ” menyampaikan ucapan Selamat Hari Anak Tahun 2022 yang bertemakan “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”. Serta apresiasi juga diberikan kepada semua Panitia dan Pihak yang terlibat menyelenggarakan rangkaian peringatan HAN Tahun 2022 di RSUD Provinsi NTB. Harapannya ke depan layanan pediatric lebih maju lagi seiring dengan target Direktur meningkatkan type RS menjadi kelas A sehingga dapat berkontribusi lebih bagi Masyarakat NTB.

Sementara itu Ketua KSM Anak RSUD Provinsi NTB “Dr. I Ketut  Adi Wira MsC , Sp.A (K)” menyampaikan puji syukur kehadirat Tuhan YME atas terselenggaranmya peringatan HAN Tahun 2022 pasca pandemic COVID 19 . Apresiasi disampaikan kepada Seluruh Panitia dan Pihak yang terlibat yang telah menginisiasi berlangsungnya acara tersebut. Ke depan diharapkan peringatan HAN bisa menjadi agenda rutin tahunan dari PKRS bekerjasama dengan KSM Anak tentunya.

Kegiatan HAN tahun 2022 tersebut jug dimeriahkan dengan sejumlah acara menarik lainnya seperti  literasi pada anak dan  tausiah yang sangat penting sebagai bentuk support kepada  pasien dan Keluarga. Terlebih lagi RSUD Provinsi NTB telah memfasilitasi rumah singgah yang diharapkan mampu menjadi wadah edukasi kepada keluarga pasca perawatan. Terima kasih disampaikan Ketua KSM Anak kepada Jajaran Direksi dan Manajemen atas support terhadap peningkatan pelayanan Neonatal dan Pediatric selama ini termasuk rencana layanan terpadu “obstetri –neonatal”. Harapan ke depan pelayanan Tim Asuhan Gizi yang melibatkan Dokter Spesialis Anak dan Ahli Gizi semakin berkembang pula dalam rangka ikut mencegah dan menurunkan angka Malnutrisi dan meningkatkan Penggunaan Air Susu Ibu (ASI).

Sebagai Puncak acara diisi pula dengan pemberian Cinderamata kasih dari Tim Medis dan Petugas Kesehatan kepada 30 Pasien Anak yang sedang menjalani perawatan di Ruang Gili Nanggu, dan ditutup dengan Pengumuman dan Penyerahan Hadiah Lomba Ruang Bersih dan Sayang Anak dengan hasil sebagai berikut ; Juara I  Ruang  NICU menerima hadiah uang tunai  1.5 juta, Juara 2 Ruang  PICU dengan hadiah yang diterima  1 juta dan Juara 3 ada 2 yaitu Ruang Gili Nanggu dan Poli Anak yang masing-masing menerima hadiah Uang  Rp. 750.000.-(N3G)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here