Silturrohmi Kementan RI Lombok Barat Berikan Bantuan Vaksin PKM

Kepala Dinas Pertanian Lombok Barat H.Lalu Winengan Menerima secara Simbolis Bantuan ALSINTAN dari Wakil Kementrian Pertanian RI Harvick Hasnul Qolbi (Kamis 30 Juni 2022)
Kepala Dinas Pertanian Lombok Barat H.Lalu Winengan Menerima secara Simbolis Bantuan ALSINTAN dari Wakil Kementrian Pertanian RI Harvick Hasnul Qolbi (Kamis 30 Juni 2022)

Matarammetro-Wakil Kementrin Pertanian RI Harvick Hasnul Qolbi yang dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada 23 Desember 2020 melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Lombok Barat menemui sejumlah Gapoktan yang disambut Kepala Dinas Kabupaten Lombok Barat, Haji Lalu Winengan di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Barat (Kamis 30 Juni 2022)

Acara yang diawali penyuntikan vaksin PMK Oleh Wamentan RI tersebut dihadiri oleh seluruh OPD dan Forkopimda Lombok Barat serta para Gapoktan Binaan Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Barat.

Dalam laporannya Kepala Dinas Pertanian Lombok Barat menyampaikan bahwa, Penularan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kabupaten Lombok Barat (Lobar) mengalami penurunan drastis.

“Lobar PMK-nya di bawah 10 ribu, 60 persen sudah sembuh, bahkan di kandang sekarang ini 100 persen kena PMK. Tapi Alhamdulillah 100 persen sudah sembuh. Ini berkat kesadaran peternak kami begitu sudah kena, langsung diberikan obat dan suntikan,” paparnya, Kamis (30/6/2022).

Dihadiri oleh seluruh OPD dan Forkopimda Lombok Barat serta para Gapoktan Binaan Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Barat.
Dihadiri oleh seluruh OPD dan Forkopimda Lombok Barat serta para Gapoktan Binaan Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Barat.

Bupati Lombok Barat  H. Fauzan Khalid, menyampaikan, seluruh PNS dan Pejabat Kabupaten Lombok Barat diwajibkan Membeli hasil petani Lombok Barat.

“Seluruh PNS di Lombok Barat saya wajibkan membeli hasil petani. Demikian pula hasil olahan dari pertanian kami membuat surat perintah edaran kepada semua OPD  agar hasil hasil pengolahan pertanian itu harus dipakai sebagai bagian dari konsumsi wajib dilingkungan Pemerintah Kabupten Lombok Barat”.

Wamentan Harvick dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dalam upaya penanganan PMK di Kabupaten Lombok Barat. Ia menilai, upaya penanganan tersebut sudah cukup baik.

“Bapak wakil Presiden Kita beberpa hari ini ditugaskan oleh Presiden sebagai PLT beliau berkunjung ke Lombok Karena Bapak Preiden Kunker ke Luar Negeri. Presiden berpesan agar penanganan PMK di Lobar bisa maksimal. Sya sudah laporkan kepada Presiden kegiatan diLombok Barat melalui WA. Harapan kami bagaimana kita mengedukasi masyarakat agar tidak ada yang su’uzon kepada pemerintah. PMK sudah tertangani 60 smpai 70%, ini sangat menggembirakan,”ungkapnya.

Wamentan Harvick pun berharap upaya penanganan PMK yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Barat dapat menjadi contoh bagi daerah lainnya.

Wakil Menteri Pertanian, Harvick Hasnul Qolbi saat menyerahkan bantuan obat-obatan untuk PMK ke Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid, Kamis (30/6/2022). Di akhir kunjungannya tersebut, Wamentan Harvick turut menyerahkan bantuan ke Dinas Pertanian Lombok Barat berupa obat-obatan untuk hewan ternak, dan sejumlah alat mesin pertanian (Alsintan).

Sebagai informasi, kunjungan Wamentan Harvick ini rupanya berbarengan dengan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin di Lombok Barat. Agenda Wapres pun dalam rangka meninjau ternak sapi milik Kelompok Tani Ternak (KTT) Rayan Baru, di Kelurahan Gerung Selatan, Kecamatan Gerung, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Wapres melakukan peninjauan guna mengetahui sejauh mana penanganan sapi yang terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK) di Lombok Barat.(N3G)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here