Cuaca Extrim Renovasi Pasar ACC Gelombang III Lampaui Target

Cuaca Extrim Renovasi Pasar ACC Gelombang III Lampaui Target
PPK dan Kepala Pasar ACC beserta Pelaksan diruang Direksi keet Proyek Renovasi Pasar ACC III

Matarammetro- Pasar ACC Ampenan yang dicanangkan pemerintah sebagai salah satu pasar modern percontohan di NTB oleh Kementrian Perdagangan melalui Dinas Perdagangan Kota Mataram telah melakukan renovasi total baik pervorment fisik, konstruksi dan penataannya yang pengerjaan tahap II tanggal 1 Oktober 2020 dan selesai tanggal 14 Desember 2020 lalu dilanjutkan dengan renovasi tahap III fisik konstruksi bagian belakang.

Proyek renovasi pasar ACC III tersebut  dikerjakan oleh PT.RINJANI MULTI KONSTRUKSI dengan nilai Kontrak Rp. 2.893.965.000,00,- dengan nomor kontrak PK.04/PPK-TPACC3/DAG/VIII/2021, dibawah pengawasan Konsultan Pengawas CV. Anugrah Rancang Selaras, dengan tanggal kontrak 4 Agustus 2021 digeber berpacu dengan cuaca musim hujan yang sudah diambang pintu.

PPK proyek kegiatan pengembangan sarana distribusi perdagangan dan kapasitas logistik perdagangan dengan konstruksi fisik pasar rakyat ACC Ampenan III Priyanto, S.T.,dilokasi proyek mengatakan bahwa di hari ke 49 kerja, progres renovasi Pasar Rakyat ACC Ampenan III telah mencapai 50% dari rencana target  36%, Rabu 6 Oktober 2021.

“Proyek renovasi pasar rakyat ACC Ampenan III ini sudah masuk pada minggu ke 9 terhitung sejak tanggal kontrak kerja 4 Agustus 2021. Targetnya alhamdulillah sudah bagus dengan nilai positif, dari rencana target 36%,  justru sudah posisi diatas 40% bahkan hampir 50%. Pengerjaan yang lainnya juga sedang berjalan termasuk semua item pekerjaan juga sudah dikerjakan,”paparnya.

Priyanto juga menjelaskan terkait antisipasi cuaca yang mulai ekstrim menjelang musim hujan, menurutnya, sebelum curah hujan meningkat atap sudah mulai naik.

“Mulai hari ini Rabu 6 Oktober 2021 atap sudah mulai naik sebelum curah hujan meningkat, paling lambat 2 minggu kedepan semua sisi sudah tertutupi atap setidaknya ketika curah hujan meningkat sudah tidak ada masalah termasuk keluhan bocor untuk pedagang dilantai dasar. Kami tetap koordinasi dengan kepala pasar dan yang lainnya termasuk masyarakat yang dilibatkan dalam pengerjaan proyek ini,” jelasnya.

Cuaca Extrim Renovasi Pasar ACC Ampenan Gelombang III Lampaui Target
Rabu 6 Oktober 2021 atap sudah mulai naik sebelum curah hujan meningkat, paling lambat 2 minggu kedepan semua sisi sudah tertutupi atap setidaknya ketika curah hujan meningkat sudah tidak ada masalah termasuk keluhan bocor untuk pedagang dilantai dasar

Dalam kesempatan yang sama Kepala Pasar ACC Ampenan Subianto, purnawirawan TNI tersebut juga menyampaikan hal senada dan apresiasi terhadap kinerja pelaksana proyek pasar ACC Ampenan III.

“Saya sepakat dengan apa yang dipaparkan PPK, dan saya sangat mengapresiasi kegigihan pelaksana dalam memenuhi tuntutan utama para pedagang. Sejak awal persiapan, kami sudah mulai melakukan sosialisasi kepada para pedagang tentang program pemerintah rehab pasar ACC tahap III tahun 2021 ini alhamdulillah sangat didukung oleh para pedagang. Kendatipun kami harus melakukan evakuasi para pedagang yang lapaknya terkena sasaran renovasi, semuanya berjalan aman dan lancar,”terangnya.

Menurutnya setelah pekerjaan renovasi tersebut selesai sesuai target, pemerintah Kota Mataram melalui Diskoperindag Kota Mataram akan memindahkan seluruh pedagang pasar ACC di lantai dasar untuk mengisi sepenuhnya dilantai II. Terkait cuaca ekstrim pihaknya sudah wanti wanti kepada pelaksana untuk mempercepat pemasangan atap agartidak terjadi kebocoran yang berakibat rusaknya barang dagangan milik pedagang.

“Kendala cuaca ekstrim sudah kami antisipasi dengan mewanti wanti atau mengingatkan pihak pelaksana agar mempercepat pengatapan sehingga komplin bocor dari pedagang dapat diredam. Karena ketika musim penghujan tiba tentu curah hujannya akan meningkat sehingga kesulitan untuk bekerja dan para pedagang juga menuntut agar atap segera naik. Dan alhamdulillah pada hari ini, Rabu 6 Oktober terlihat atap sudah mulai naik seperempat. Saya optimis akan kelar dalam 2 minggu kedepan,”ujarnya.(N3G)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here