Lurah Pejanggik Atasi Sampah Dengan SAI

Lurah Pejanggik Atasi Sampah Dengan SAI
Lurah Pejanggik Atasi Sampah Dengan SAI

Matarammetro-Dengan terus bertambahnya volume sampah di kota Mataram serta munculnya TPS-TPS liar membuat Pemerintah Kota Mataram semakin Masif mengelola sampah. Di tengah gencarnya Pemerintah menangani permasalahan sampah di Kota Mataram Rahmat Fakhrurrozy, SIP, MM yang saat ini menjabat sebagai Lurah Pejanggik Kecamatan Mataram Kota Mataram tergerak untuk berinovasi menangani dan membantu Permasalah Sampah di Kota Mataram melalui sebuah alat yang ia kembangkan bersama jajarannya.

Dalam kesempatannya wawancara bersama kami, Lurah Pejanggik yang akrab di panggil ozik menjelaskan “Alat yang ia kembangkan berawal dari permasalahan sampah di kelurahan pejanggik, dimana Ozik ingin mengelola sampah di wilayahnya secara mandiri bersama warganya” ungkapnya.

Alat itu di beri nama Suntik Asap Incenerator(SAI) atau alat pembakar sampah tanpa bebas polusi yaitu “sebuah alat pembakaran sampah rumah tangga tanpa asap, dimana medianya berupa air sebagai penyaring asap dan debu ” yang nantinya di harapkan bisa membantu masyarakat mengelola sampahnya sendiri di rumah masing-masing dengan temuan alatnya tersebut” Ungkapnya.

Komponen Incenerator sendiri terdiri dari 3 bagian (Ruang pembakaran, ruang pompa, dan ruang filtrasi) yang telah di desain oleh ozik sehingga cara penggunaanyapun sangatlah sederhana. “Untuk ruang pembakaran sebagai tempat untuk membakar sampah, kemudian ruang pompa sebagai tempat untuk memompa udara agar bisa disuntikkan ke dalam air kemudian ruang filtrasi sebagai ruang penyaringan menggunakan pompa air sebagai daya dorongnya yang fungsinya untuk menyaring/memfilter asap dan debu”. sembari beliau menjelaskan.

Ozik telah beberapa melakukan uji coba namun hasilnya kurang memuaskan, di karenakan untuk mengembakan alat tersebut di butuhkan dana yang tidak sedikit. sehingga ia berfikir bagaimana caranya mendesain alat incenerator dengan minim bajet dan sederhana. dan akhirnya ozik berhasil mengembangkan alat tersebut.

Ia berharap dengan temuan alat yang telah di kembangkan dapat membantu Pemerintah Kota mataram guna mengurangi permasalahan sampah di mulai dari sampah rumah tangga. sehingga di harapkan volume sampah di Kota Mataram dapat berkurang dan terselesaikan secara mandiri dan bersama-sama menuju Kota Mataram yang HARUM. tandasnya.(Arya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here