Lurah Selagalas Terobsesi Miliki Grup Gendang Beleq Kelurahan
Yusrin S.IP., MM., Lurah Selagalas

Matarammetro.com- Kelurahan Selagalas Kecamatan Sandubaya Kota Mataram adalah wilayah kelurahan yang berbatasan langsung dengan kabupaten Lombok Barat. Selagalas cukup fenomenal di NTB sebagai kawasan kesenian musik daerah maupun dangdut sasak dengan tenarnya Grup Musik Dangdut Sasak Pelita Harapan dibawah binaan Al Mahsyar(Alm).

Kelurahan selagalas memiliki luas wilayah sekitar 3000 ha yang dihuni oleh 14.000 penduduk dengan dukungan 7 kepala lingkungan sebagai pembantu pemerintahan kelurahan Selagalas (data 02 November 2020). Yakni lingkungan Nyangget, Lingkungan Jangkuk, Lingkungan Bhinneka, Lingkungan Selagalas Baru, Lingkungan Selagalas, Lingkungan Kebon Duren, dan Lingkungan Tegal.

Yusrin SIP.MM., Lurah Selagalas diruang kerjanya mengatakan bahwa perekonomian masyarakat Kelurahan Selagalas bersumber dari sector pertanian, perdagangan, dan Karyawan, (Senin 2/11)

“Sumber mata pencaharian masyarakat kami adalah berdagang, petani dan karyawan swasta dan pemerintah dengan tatanan social yang cukup kondusif. Selain perangkat kelurahan kader posyandu juga sangat berperan dalam membantu pemerintahan kelurahan sebagai struktur pelaksana pemerintahan paling bawah”, jelasnya.

Ditambahkannya juga bahwa selain potensi pertanian Selagalas juga memiliki tanman rekreasi berupa taman Selagalas. Untuk bidang olahraga Selagalas dudukung oleh fasilitas lapangan olahraga dan sircuit.

 

Menurutnya dukungan pembangunan oleh Pemkot Mataram memancing munculnya ekonomi ikutan diwilayahnya berupa tumbuhnya PKL yang masih memanfaatkan badan jalan untuk berjualan dan belum ada lahan untuk alokasi khusus kulliner dan PKL.

Yusrin mengaku bahwa kelurahan selagalas memiliki binaan kesenian daerah berupa gendang beleq, hadrah, drum band sekolah, dan yang menonjol adalah grup Band Pelita Harapan.

“Di Selagalas ada kelompok kesenian Gendang Beleq, Hadrah, Drum Band, dan grup Band Pelita Harapan. Kedepan saya punya obsesi bahwa kelurahan Selagalas harus ada asset alat kesenian Gendang Beleq. Saya sudah komunikasikan dengan DPR agar dapat dialokasikan melalui dana aspirasi”, pungkasnya.(N3G)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *