Kelurahan Bertais Eksis Dengan Bank Sampah

Kelurahan Bertais Kecamatan Sandubaya Kota Mataram
Kelurahan Bertais Kecamatan Sandubaya Kota Mataram

Matarammetro.com-Kelurahan Bertais Kecamatan Sandubaya Kota Mataram adalah kelurahan yang berbatasan langsung dengan Lombok Barat dan berada dikawasan pasar Bertais Swetasebagai pasar terbesar yang dimiliki Kota Mataram dan berperan sebagai pasar induk dan sekaligus pasar transit.

H.M.Amanah SH Lurah Bertais diruang kerjanya menjelaskan  bahwa  luas wilayah Kelurahan Bertais 1,04 km2 dengan batas batas sebelah Utara berbatasan dengan Kelurahan Selagalas, disebelah selatan berbatasan dengan desa Gerimak Indah dan Mekar Sari Lombok Barat. Sebelah timur juga berbatasan dengan Gerimak Indah, sebelah barat berbatasan dengan kelurahan Mandalika, (Senin 2/11).

Lanjut H.M.Amanah,”Dari kantor Walikota Mataram jarak tempuh menuju kantor kelurahan Bertais sejauh 3 km atau perjalanannya memakan waktu sekitar 50 menit berkendaraan. Kelurahan Bertais terbagi menjadi 6 lingkungan yakni Lingkungan Bertais Selatan jumlah penduduk 1681 jiwa, Bertais Utara dengan jumlah penduduk 3351 jiwa, Karang Rundun jumlah penduduknya 1722 jiwa, Gontoran Barat jumlah penduduk 1742 jiwa, Butun Indah jumlah penduduk 1561jiwa, Pengempel Indah jumlah penduduk 1139 jiwa”, paparnya.

 

Menurutnya masyarakat Kelurahan Bertais sumber pencahariannya sebagian besar pedagang baik dipasar maupun dilingkungannya masing masing, sisanya petani dan karyawan. Sementara ini dikatakannya juga bahwa dukungan fasilitas umum, tempat rekreasi maupun fasilitas lapangan olah raga belum ada hanya dikelurahan yang menyediakan untuk badminton. Kondusifitas keamanan tetap terjaga meskipun ada pelanggaran pelanggaran kecil hanya diselesaikan secara kekeluargaan.

“Kami masih punya Bank Sampah di Bertais Selatan dan masih kami garap, telah disiapkan lahan oleh kepala lingkungan dan pemancingan ikan air tawar”, ungkapnya.(N3G)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here