Ir. HK.Lalu Winengan Ketua Satlat Tarung Derajat NTB dan jajaran bersama Jajaran Satlat Kawah Tarung Derajat di Bandung
Ir. HK.Lalu Winengan Ketua Satlat Tarung Derajat NTB dan jajaran bersama Jajaran Satlat Kawah Tarung Derajat di Bandung

Matarammetro-Pesta olahraga Indonesia yang digelar setiap tahunnya yang dikemas dalam Pekan Olah Raga Nasional (PON) yang ke XXI tahun 2024 telah ditentukan tempat pelaksanaannya setelah Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, secara resmi menghitung mundur (countdown) setahun menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) sebagai tuan rumah.

Terkait hal tersebut NTB akan berangkatkan 15 atlet Boxer Tarung Derajat yang dinakhodai H. Lalu Winengan HK sebagai ketua perguruan Tarung Derajat NTB.

Winengan menegaskan bahwa Satuan Latihan (SATLAT) Tarung Derajat NTB akan mempersiapkan 15 atlet, Sabtu 21-10/2023).

“Sudah 8 atlet Tarung Derajat NTB berhasil lolos di Pra PON, saya targetkan 15 atlet kami dipastikan lolos di Pra PON dan target 2 medali  emas  PON XXI Aceh-Medan akan bisa diboyong. 15 atlet ini terdiri dari tarung berat 75 kg keatas, tarung ringan dibawah 75 kg, serta olah seni bela diri tarung derajat,,”terang Miq Win sapaan akrabnya.

Winengan juga menjelaskan bahwa kendatipun Pra PON tarung derajat belum mendapatkan bantuan KONI NTB, namun pihaknya siap mengeluarkan biaya sendiri.

“Dari 8 atlet kami yang lolos Pra PON XXI ini belum dibantu KONI. Jika dari KONI tidak ada bantuan biaya untuk Platda maka kami akan mengeluarkan biaya sendiri, dan jika ada CABOR yang lain yang mau gabung Platda dengan saya, saya akan biayai sendiri,”ungkapnya.

“Silahkan kalau ada atlet yang mau gabung dengan kami, kami siap membiayai. Khususnya atlet karate, Taekwondo, dan lainnya yang mau gabung,”imbuhnya.

Menurutnya, pihaknya sudah mempersiapkan asrama untuk para atletnya sebagai persiapan PON XXI Medan dan Aceh 2024.

“Insyaallah anak anak kami akan pulang dari Bandung tanggal 23 Oktober mendatang. Kami akan menggelar upacara penyambutan khusus sebagai penghargaan. Dan kemarin kami sudah berkunjung ke Bandung tempat Pra PON di laksanakan. Mudah mudahan sukses semua dan mohon doa sehingga yang kami targetkan sesuai dengan harapan masyarakat NTB dapat tercapai,” tutupnya.

Sebagaimana diketahui bahwa markas Satuan Latihan (SATLAT) tarung derajat NTB berlokasi di  Jl. Pendidikan No.II, Dasan Agung Baru, Kec. Selaparang, Kota Mataram, NTB. Tarung Derajat adalah seni bela diri berasal dari Indonesia yang diciptakan oleh Achmad Dradjat, yang secara tekhnik berhasil dikembangkan melalui pengalamannya bertarung di jalanan pada tahun 1960-an di Bandung. Tarung Derajat secara resmi diakui sebagai olahraga nasional dan digunakan sebagai latihan bela diri dasar oleh TNI Angkatan Darat dan Brigade Mobil Polri, dan pertama kali dipertandingkan sebagai Cabang olahraga pada PON XVI 2004 Palembang.(N3G)

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *