SMKN 1 Pariwisata Praya Kirim Siswa PKL Perhotelan Ke Kuala Lumpur
SMKN 1 Pariwisata Praya Kirim Siswa PKL Perhotelan Ke Kuala Lumpur

Matarammetro-SMKN 1 Praya adalah SMK Pariwisata yang cukup bergengsi di Lombok Tengah, pasalnya SMK tersebut setiap tahunnya mengirim siswa/siswinya program PKL sambil magang di Kuala Lumpur ibukota Negri Malaysia.

Hal tersebut diungkapkan Kasman,S.Pd., MM., Kepala SMKN 2 Praya  diruang kerjanya, Senin 2 Oktober 2023.

Dikatakannya juga bahwa SMKN 1 Praya telah menandatangani MoU dengan sejumlah pengusaha perhotelan dinegeri jiran tersebut sehingga pihaknya selalu diminta mengirimkan siswa/siswinya untuk PKL melalui mekanisme seleksi.

SMKN 1 Pariwisata Praya Kirim Siswa PKL Perhotelan Ke Kuala Lumpur
SMKN 1 Pariwisata Praya Kirim Siswa PKL Perhotelan Ke Kuala Lumpur

“Tahun ini kami sudah memberangkatkan 9 orang siswa untuk magang di Hotel Apillion Pordeksen dikawasan Negeri Sembilan Malaysia dan sudah 2 bulan, gelombang kedua ini ada 7 orang lagi lolos seleksi, akan berangkat setelah tanggal 12 Oktober setelah Maulidan, semua dokumennya sudah siap dan akan ditempatkan di Hotel Maya Kuala Lumpur berdekatan dengan Menara Kembar,”ungkap Kasman.

“Waktu saya antar siswa yang 9 orang ini saya langsung tandatangan dokumen kerjasama dengan Hotel Maya. Sebelumnya saya periksa kondisi hotelnya, saya pastikan dulu fasilitas kamar anak anak kami yang magang, ternyata sangat mewah dan dilengkapi dengan AC. Makan 3 kali sehari, Laundry ditanggung pihak Hotel. 7 siswa yang akan berangkat ini jurusan perhotelan dan tata boga. Saat ini ada permintaan lagi dari hotel Royal Malaysia, kami akan melakukan pertemuan dulu. Sebelum Covid kami juga pernah menjalin kerjasama dengan Hotel Royal ini. Sekarang nyambung lagi karena waktu covid melanda kami putus kerjasama,”tuturnya.

Menurutnya, peminat magang ke Malaysia sekarang sudah banyak, saat ini sudah 12 siswa yang mendaftar. Biaya magang ke Malaysia ditanggung siswa sejumlah 8.000.000,- untuk biaya dokumen, visa selama 6 bulan dan sekaligus ticket pulang pergi sudah cukup.

“Yang 11 siswa ini sudah siap diterima di Hotel Royal ini. Yang magang ke Malaysia akan digaji dengan hitungan harian 8 jam kerja sebesar 600 RM/bulan setara Rp.2.600.000, kalau lebih 8 jam akan dihitung lembur atara 8 sampai 10 RM/jam. Setelah selesai magang selama 6 bulan, bisa kembali lagi untuk kerja di Hotel tempat magangnya itu setelah lulus SMKN 1 Praya,”paparnya.(red)

 

 

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *