Gambar Ilustrasi Game Online
Gambar Ilustrasi Game Online

Matarammetro-Dunia maya banyak menyuguhkan peluang bisnis yang cukup menjanjikan bagi yang memiliki kemampuan berselancar didunia maya. Salah satu yang paling digandrungi adalah sejenis permainan game.

Peluang tersebut diambil oleh Nasihul Amin dan Lalu Muhammad Yudi dua orang siswa kelas XI SMKN 1 Praya Tengah jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) yang sukses bisnis akun game online dan meraup penghasilan 2 sampai 3 juta rupiah setiap kali transaksi jual akun yang dikelolanya di dunia maya.

Untuk diketahui bahwa Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) adalah salah satu jurusan di SMK yang merupakan kompetensi keahlian dalam bidang Teknologi Komputer dan Informatika yang secara khusus mempelajari tentang pemrograman komputer.

Kepala SMKN 1 Praya Tengah Rias Sandi Miswardani, S.E., didampingi Lalu Rajib Dian Kurniawan Guru kompetensi RPL SMKN 1 Praya Tengah, Senin 2-10/2023
Kepala SMKN 1 Praya Tengah Rias Sandi Miswardani, S.E., didampingi Lalu Rajib Dian Kurniawan Guru kompetensi RPL SMKN 1 Praya Tengah, Senin 2-10/2023

Kepala SMKN 1 Praya Tengah Rias Sandi Miswardani, S.E., mengatakan bahwa dalam mendukung dan memotifasi siswanya untuk mandiri dan berwira usaha pihak sekolah hanya mengikuti konsep pendidikan, Senin 2-10/2023.

“Kita hanya dapat mendukung dengan konsep pendidikannya saja, kalau permodalan mereka sudah dapatkan bahkan lebih dari target yang kita inginkan. Masih ada juga yang siswa/siswi lainnya yang juga punya bisnis dan penghasilan sendiri, namun kami belum melakukan pendataan maksimal terkait omzet dan nominal pasti penghasilannya,”jelas Sandi.

Sementara Lalu Rajib Dian Kurniawan Guru kompetensi RPL SMKN 1 Praya Tengah menuturkan bahwa dua siswanya tersebut berpenghasilan jutaan rupiah perbulannya dari hasil transaksi akun game, Senin 2-10/2023.

“Ada 2 orang siswa kami Nasihul Amin dan Lalu Muhammad Yudi kelas XI kompetensi RPL menekuni bisnis jual beli akun game yang dikerjakan secara mandiri perorangan dan mereka punya komunitas. Di komunitasnya dia akan dapat orang yang menawarkan menjual akun, kemudian dibeli oleh siswa kami, setelah berkembang levelnya dijual lagi dengan harga berlipat lipat. Sekali transaksi bisa sampai 600.000,- hingga 3.000.000,-/1 akun, sebulan bisa sampai 2 akun yang ditransaksikan,”paparnya.(red)

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *