Terima Audiensi KI NTB, Wagub Umi Rohmi : Pemprov Tetap Suport KIP
Terima Audiensi KI NTB, Wagub Umi Rohmi : Pemprov Tetap Suport KIP

Matarammetro-Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah.,M.Pd menerima Audiensi Komisi Informasi Provinsi NTB sampaikan Pemerintah selalu suport keterbukaan informasi publik di NTB di ruang kerja Wakil Gubernur Selasa, 05/09/2023.

Dalam audiensi yang membahas berbagai aspek terkait keterbukaan informasi publik di wilayah NTB termasuk laporan pelaksanaan kegiatan monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik serta Anugerah Desa Gemilang Informasi Publik (DGIP) tahun 2023 menjadi sorotan utama.

Wakil Gubernur Umi Rohmi menyambut baik laporan tersebut dan mengapresiasi inisiatif Anugerah Desa Gemilang Informasi Publik (DGIP) yang memotivasi desa-desa di NTB untuk aktif dalam menyediakan informasi publik kepada warganya.

“Untuk keterbukaan informasi kami pemerintah NTB tetap suport intinya tetap di komunikasikan” Ujar Umi Rohmi

Dalam Waktu yang sama Wakil Gubernur Umi Rohmi menggarisbawahi pentingnya keterbukaan informasi dalam membangun pemerintahan yang akuntabel dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat, dan pemerintah NTB  akan terus mendukung upaya-upaya seperti ini yang memajukan transparansi dan akuntabilitas di tingkat desa.

“Pada intinya upaya-upaya seperti ini pemerintah akan tetap suport” tutup Umi Rohmi

Kegiatan monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik adalah bagian integral dari upaya pemerintah NTB dalam meningkatkan transparansi dan aksesibilitas informasi kepada masyarakat.

Dalam suasana yang sama Ketua Komisi Informasi Provinsi NTB Sansuri, S.Pt.,M.M memaparkan hasil pemantauan dan evaluasi terkait sejauh mana keterbukaan informasi publik telah diimplementasikan di berbagai sektor pemerintahan NTB dan memaparkan beberapa desa telah menerima penghargaan DGIP sebagai pengakuan atas upaya mereka dalam mempromosikan keterbukaan informasi

Bahkan sudah memberikan anugerah kepada 10 desa terbaik yang ada di NTB  5 dari 10 Desa sudah di rekomendasikan untuk ke tingkat Nasional.

“Kami sudah memberikan anugerah kepada 10 desa terbaik dan 5 sudah kita rekomendasikan untuk tingkat nasional” tutur Sansuri kepada Wagub.

Di sampaikan Sansuri capaian dan prestasi-prestasi selama  beberapa tahun badan publik Provinsi NTB yakni pada Indek Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) yang secara Nasional NTB berada di posisi ke 3 dengan skor nilai 80,49. NTB juga mencapai penghargaan tingkat nasional, salah satunya  Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Mutiara Sukma mendapat anugerah Tinarbuka peringkat ke 5 kategori penyelenggara perangkat daerah atau Kepala Dinas/Kepala Badan dan Direktur Rumah Sakit menjadi pertama kali mengukir sejarah.

“IKIP Kita berada di posisi ke 3 tingkat Nasional, Baru dan menjadi pertama kali badan publik kita RSJ Mutiara Sukma mendapat anugerah Tinarbuka peringkat ke 5 secara Nasional”Terang Sansuri.

Terakhir tidak lupa Sansuri  sampaikan terima kasih kepada Wagub Umi Rohmi yang sudah banyak mendukung kegiatan-kegiatan Komisi Informasi. dan tentunya PJ yang baru memiliki kepedulian yang sama dengan Wakil Gubernur yang memang sangat intens memperhatikan Komisi Informasi. Dan Harapnya Kolaborasi dari seluruh stake holder tetap terjalin dengan baik, menjadi faktor penting kesuksesan program KI NTB.

“Terima kasih kepada Wagub Umi Rohmi dan harapan kami PJ yang baru memiliki kepedulian yang sama dengan ibu Wagub terhadap Komisi Informasi NTB” tutup Sansuri. (red)

 

 

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *