Dikbud NTB Tetapkan SLBN 1 Lobar Tuan Rumah FLS2N-PDBK NTB 2023
Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Khusus-Pendidikan Layanan Khusus (PK-PLK) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, Dra. Hj. Eva Sofia Sari, S.Pd.,M.Pd., & Kepala Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) 1 Lombok Barat, Baiq Minarni Wati

Matarammetro-  Setelah sukses mengadakan LKS SMK/SLB dan OSN SMA Tingkat provinsi, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB kembali mengadakan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (FLS2N-PDBK) Tingkat Provinsi dan memilih SLBN 1 Lombok Barat, sebagai sentra perlombaan.

Diwawancarai, Selasa (20/06), Kepala Dikbud NTB, melalui Kepala Bidang PK-PLK, Hj Eva Sofia Sari mengungkapkan, sekolah ini terpilih, karena halamannya yang cukup luas, SLBN 1 Lombok Barat memiliki asrama untuk penginapan para peserta.

“Pembukaan dan penutupannya di sekolah ini. Kemarin sudah pembukaannya. Untuk penutupannya sebenarnya besok pagi. Tapi kami persingkat waktunya, sehingga penutupannya sore ini,” ungkapnya di sela- sela kunjungannya di SLBN 1 Lombok Barat.

Dijelaskan Eva, FSL2N ini sebagai ajang penjaringan. Jadi, tidak hanya juara 1. Pihaknya juga akan mengambil juara 2 sebagai langkah antisipasi. Dirinya mengingatkan kepada para pelatih masing-masing SLB, tidak berdiam diri selepas perlombaan.

“Memang biasanya kami mengirim juara 1 ke tingkat nasional. Kemudian untuk juara 2 nya kami cadangkan untuk antisipasi, kalau juara 1 mengalami hambatan,” jelasnya.

Pihaknya juga berharap, melalui perlombaan ini, para siswa SLB bisa menampilkan pengembangan bakatnya kepada masyarakat, baik lokal hingga ke tingkat nasional.

“Mereka bisa menjadi duta FLS2N provinsi NTB di tingkat nasional. Di sana mereka juga bisa saling berinteraksi dengan teman sebayanya di provinsi lain se Indonesia. Terlebih lagi kalau mereka bisa meraih juara di tingkat nasional,” harapnya.

Sementara itu, Kepala SLBN 1 Lombok Barat, Baiq Minarni Wati merincikan, dari tujuh mata lomba, ada tiga yang diselenggarakan, diantaranya Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Lomba Menyanyi Solo, dan Pantomim.

Diakui bahwa jauh hari sebelumnya, sekolah ini sudah menyiapkan berbagai persiapan. Sehingga di saat lomba berlangsung, pihaknya tidak kerepotan melayani para peserta.

“Persatu mata lomba, pesertanya sis wa SLB tingkat SD dan SMP. Perlombaan ini diikuti oleh SLB dari sepuluh kabupaten kota se NTB. Ada juga kabupaten kota yang full mengirim siswa sesuai dengan jumlah mata lomba,” bebernya.

Di sisi lain, SLBN 1 Lombok Barat memasukan 5 siswa untuk menjadi  peserta di perlombaan tersebut. Dia berharap, siswa yang diikutsertakan bisa meraih juara dan melaju ke tingkat nasional.

“Di perlombaan sebelumnya, siswa kami berhasil lolos ke nasional. Mudah-mudahan tahun ini bisa lolos lagi,” tutupnya.(N3G)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *