Gebyar Takbiran Happy Idul Fitri 2023 NTB Libatkan Elemen Lintas Agama
Gebyar Takbiran Happy Idul Fitri 2023 NTB Libatkan Elemen Lintas Agama

Matarammetro-Mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang kaya dengan ragam etnis dan agama dan terbungkus dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika, Forum Kerukunan Ummat Beragama (FKUB) menggelar acara Pawai Takbiran malam hari raya Idul Fitri 1444 H – 2023 M dengan melibatkan seluruh etnis dan agama yang ada di Nusa Tenggara Barat Jumat malam 21 April 2023 di wilayah Kecamatan Cakra Negara yang dikenal sangat homogen.

Pawai Takbiran tersebut diikuti oleh 22 kafilah Masjid yang membaur bersama kafilah Ummat Hindu Darma dari semua aliran, Budha, Konghucu, Kristen Protestan dan Katolik yang berlangsung mulai pukul 20.00 WITA yang dilepas oleh Dandim 1606/Mataram Kol. ARM., Arief Rahman, S.Sos., M.M., yang dibarengi dengan pemukulan bedug secara simbolis oleh Camat Cakra Negara Irfan Syafira Soerati.

Acara yang diawali laporan panitia dari Karang Taruna dan sambutan dari Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), TGH Muhamad Subki Sasaki, MA., LC serta Camat Cakranegara, Irfan Syafindra Soerati dan jajaran Muspikanya, juga dihadiri Dandim 1606/Mataram Kol. ARM., Arief Rahman, S.Sos., M.M., Kepala Badan Litbang Kota Mataram Mansur SH., MH., Diskominfotik Kota Mataram diwakili Anang Hapzullah, S.Sos Kabid Statistik Kominfotik Mataram, Kapolsek Cakranegara, serta Danramil Cakranegara, Ir. H.Bambang Juniwartono (Kabag Ekonomi Setda Kota Mataram), H.Amiruddin (Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kota Mataram), serta Kepala Dinas Perdagangan Kota Mataram dan para Lurah se Kecamatan Cakranegara.

Gebyar Takbiran Happy Idul Fitri 2023 NTB Libatkan Elemen Lintas Agama
Gebyar Takbiran Happy Idul Fitri 2023 NTB Libatkan Elemen Lintas Agama

Ketua FKUB NTB, Dr. Buya Muhammad Subeki Sasaki, MA., L.C., dalam sambutannya menyampaikan, agenda tersebut mengusung tema “Gebyar Takbiran Happy Idul Fitri 2023 yang melibatkan seluruh komponen lintas agama.

“Bahwa untuk pertama kalinya malam ini sesuatu yang unik yaitu FKUB NTB melibatkan dan mengajak seluruh Komponen masyarakat Lintas Agama untuk ikut berbahagia dalam malam fitrah ini. Acara ini mengangkat tema Gebyar Takbiran Happy Idul Fitri 2023”. Kebahagiaan adalah milik kita bersama yang tak terpisahkan oleh suku, agama, maupun warna organisasi dengan tema besar “Merajut Toleransi Bersama Membangun Bangsa,”terangnya.

Dalam sambutan tunggalnya Camat Cakranegara mengatakan, Pawai Takbiran tersebut digelar lagi setelah tiga tahun vakum karena pandemi Covid-19.

“Kita bersyukur pada malam hari ini kembali melaksanakan Pawai Takbiran,” katanya.

Ketua Prisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) NTB Ide Bagus Santiadnye menyampaikan apresiasi setinggi tingginya dan sangat terkesan atas kesempatan yang melibatkan Ummat Hindu Darma NTB dalam acara sakeral pawai Takbiran Idul Fitri ummat Muslim.

“Ini sensasi luar biasa, dan sesuatu yang langka, karena kita membaur dan bersatu dalam kebahagiaan sakeral ummat muslim. Kami apresiasi setinggi tingginya atas kesempatan yang diberikan kepada kami untuk turut berbahagia dan bersatu padu dalam nuansa Idul Fitri,’ujarnya.(N3G)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *