Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Platform Merdeka Mengajar

Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Platform Merdeka Mengajar

Oleh: Kepala SMKN 1 Janapria

Matarammetro, Lombok Tengah-Kepala SMKN 1Janapria Muhamad Royani Jauhari,S.Pd., mengatakan bahwa Guru merupakan salah satu profesi yang mulia karena mendidik, menyalurkan ilmu, serta membentuk karakter yang baik kepada siswa dengan sepenuh hati dan kesabaran. Guru memiliki tugas dan berperan penting dalam membantu mencerdaskan kehidupan bangsa. Seorang guru diharapkan mampu memberikan contoh dan teladan yang baik terhadap siswanya, karena sekecil apapun yang di lakukan oleh seorang guru akan menjadi pusat perhatian dan contoh bagi siswanya.

Tidak semua orang dapat menjadi seorang guru, karena menjadi seorang guru harus memiliki dan menguasai empat kompetensi. Dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 pasal 8 menjelaskan kompetensi guru meliputi kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.

Seorang guru di harapkan secara terus menerus untuk meningkatkan kompetensinya agar menjadi lebih baik. Banyak hal yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan kompetensi diantaranya adalah melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, mengikuti pelatihan-pelatihan, melakukan penelitian, dan membentuk organisasi pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi.

Platform Merdeka Mengajar (PMM) merupakan salah satu wadah teknologi yang disiapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk membantu dan mempermudah guru dalam melakukan proses belajar serta mengoptimalkan implementasi Kurikulum Merdeka.

Platform Merdeka Mengajar dapat diunduh dengan HP Android melalui aplikasi Play Store dan dapat juga diakses secara online melalui web. Untuk dapat login ke PMM dapat menggunakan user dan pasword akun belajar.id masing-masing guru.

Dengan adanya PMM guru dapat meningkatkan kompetensinya karena di dalam PMM terdapat fitur-fitur yang lengkap diantaranya adalah pada bagian kegiatan belajar mengajar terdapat fitur asesmen murid dan perangkat ajar. Pada bagian pengembangan diri terdapat fitur pelatihan mandiri dan komunitas. Pada bagian mencari dan berbagi inspirasi terdapat fitur video inspirasi dan bukti karya.

Dengan adanya PMM tersebut sangatlah membantu guru dalam meningkatkan kompetensi dan dapat berkreativitas dalam pembelajaran. Guru juga dapat tergabung dalam komunitas dan dapat saling berbagi praktik baik dalam pembelajaran.(Rsl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here