Kapal Perang Canggih Milik TNI AL Lego Jangkar Di Dermaga Lembar !!!!!

Kapal Perang Canggih Milik TNI AL Lego Jangkar Di Dermaga Lembar !!!!!
Kapal Perang Canggih Milik TNI AL Lego Jangkar Di Dermaga Lembar !!!!!

Matarammetro-Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Mataram kolonel Laut (P) Djawara Whimbo beserta segenap prajurit Lanal Mataram menyambut kedatangan kapal perang Indonesia yang berpatroli diwilayah perbatasan Indonesia bagian selatan di Dermaga Pelabuhan Gilimas, Desa Labuan Tereng, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Selasa (28/03/2023)

Kapal perang Indonesia tersebut bernama KRI Multatuli – 561 yang dikomandani oleh  Kolonel Laut (P) Suhartaya, M.Tr.Hanla, merupakan salah satu jenis kapal markas apung yang dimiliki oleh TNI Angkatan Laut yang mempunyai berat dengan muatan penuh 6.741 ton, serta muatan kosong 3.220 ton. Dimensi kapal ini 111,35 x 16 x 6,98 meter, dengan pendorong 1 mesin diesel barmeister & wain – 1 shaft dengan 5500 bhp. Kecepatan maksimumnya 18,5 knot atau setara 34 km/jam yang masuk dalam jajaran Satuan kapal Ampibi Komado Armada II.

KRI Multatuli – 561  melaksanakan operasi pengamanan perbatasan wilayah Indonesia – Australia yang tergabung dalam Operasi Siaga Baruna – 23 dibawah satuan operasi Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Koaramada II.

Danlanal Mataram Kolonel Laut (P) Djawara Whimbo, mengatakan bahwa KRI Multatuli – 561 yang sedang melaksanakan Operasi dibawah kendali operasi Guskamla Koarmada II dan menjadi kapal markas. Dalam pelayaran ini onboard Komandan Guskamla Koarmada II Laksamana Pertama TNI Teguh Prasetya. S.T, M.M., CHRMP beserta para Assisten Danguskamla Koarmada II.

Kedatangan KRI Multatuli – 561 yang sandar di wilayah kerja Lanal Mataram ini dalam rangka bekal ulang sebelum melanjutkan operasi di perairan perbatasan Indonesia – Australia guna menjaga stabilitas keamanan Nasional,” imbuhnya.

Selain itu kedatangan KRI ini merupakan salah satu tugas pokok Lanal Mataram dalam Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) yang terdiri dari KRI, Marinir, Pesawat Udara, dan Pangkalan, yang mana sebagai unsur pangkalan dengan fungsi 5R (Rebase, Replenishment, Repair, Rest and Recreation) bagi unsur-unsur TNI AL yang beroperasi di wilayah kerja Lanal Mataram. Tutup Danlanal Mataram.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here