Wagub NTB Terima Kunjungan Konjen Jepang

Wagub NTB Terima Kunjungan Konjen Jepang
Wagub NTB Terima Kunjungan Konjen Jepang

Matarammetro—Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah menerima Kunjungan Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang di Denpasar, Bali pada Rabu (18/01) bertempat di ruang kerja Wagub. Pada kesempatan tersebut, Wagub membahas berbagai peluang kerja sama antara NTB dan Jepang .

“Kami akan sangat senang jika bisa bekerja sama dengan Jepang. Banyak sekali peluangnya, seperti kerja sama dalam bidang pendidikan, industri, mitigasi bencana, bahkan pengiriman tenaga kerja dan lainnya,” ujar Ummi Rohmi, sapaan Wagub.

 

Selain itu, di hadapan Konsul Jenderal Jepang, Ummi Rohmi juga membagikan pengalaman NTB terkait dengan upaya pemulihan pasca Gempa 2018 serta berbagai upaya untuk tetap bertahan dan bangkit di masa pandemi Covid-19.

“Disini sangat lengkap, kita punya segalanya, mulai dari gunung, air terjun, ragam budaya dan lainnya. Namun, kami tidak hanya bergantung pada sektor pariwisata, melainkan juga pertanian, perikanan dan lainnya. Oleh karena itu, pada saat gempa 2018, kami masih bisa survive. Ketika pandemi, kami juga bisa bangkit melalui program Bela dan Beli Produk Lokal untuk membantu masyarakat,” jelasnya.

Terkait sektor ketenagakerjaan, Wagub juga mengutarakan keinginannya untuk mengirim lebih banyak lagi tenaga magang dari NTB ke Jepang. Hal itu diharapkan dapat melahirkan lebih banyak tenaga terampil yang dimiliki NTB nantinya.

Menanggapi hal tersebut, Konsul Jenderal Jepang, Katsumata Harumi pun menyambut baik keinginan dan antusiasme NTB untuk bekerja sama dengan Jepang. Pihaknya berharap secepatnya akan terjalin banyak kerja sama dengan NTB dalam berbagai bidang, terutama kerja sama untuk mitigasi bencana, mengingat NTB dan Jepang merupakan daerah yang rawan terhadap bencana.

“Kita juga punya kesamaan, di Jepang rawan sekali bencana, seperti gunung meletus dan gempa bumi. Sehingga saya sangat mengapresiasi peluang-peluang tersebut. Semoga kedepannya kita bisa bekerja sama dalam banyak hal,” tutur H.E Katsumata Harumi.

Hadir mendampingi Wagub, yaitu Asisten I Setda NTB dan Kepala Biro Pemerintahan Setda NTB. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here