Dirgahayu NTB Ke-64, Semakin Bersatu Semakin Maju

Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah selaku Inspektur Upacara
Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah selaku Inspektur Upacara

Matarammetro—Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Provinsi Nusa Tenggara Barat (HUT NTB) ke-64, Pemerintah Provinsi NTB menggelar Upacara Bendera dengan tema “Optimis Dalam Kebersamaan NTB Gemilang” di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur pada Sabtu, 17 Desember 2022.

Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah selaku Inspektur Upacara menyampaikan bahwa NTB Gemilang bukanlah sekedar mimpi. Dibutuhkan keberanian dan kerja sama untuk menggapai puncak mimpi tersebut.

Disampaikan bahwa momentum peringatan HUT Provinsi NTB kali ini memiliki makna tersendiri bagi Gubernur dan Wakil Gubernur NTB.

“satu tahun terakhir masa kepemimpinan kami ini adalah ruang bagi kita segenap masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan untuk terus bersama-sama memacu adrenalin menggenapkan visi-misi besar NTB Gemilang”, tutur Ummi Rohmi, sapaannya.

Hari Ulang Tahun Provinsi Nusa Tenggara Barat (HUT NTB) ke-64, Pemerintah Provinsi NTB menggelar Upacara Bendera dengan tema "Optimis Dalam Kebersamaan NTB Gemilang" di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur pada Sabtu, 17 Desember 2022.
Hari Ulang Tahun Provinsi Nusa Tenggara Barat (HUT NTB) ke-64, Pemerintah Provinsi NTB menggelar Upacara Bendera dengan tema “Optimis Dalam Kebersamaan NTB Gemilang” di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur pada Sabtu, 17 Desember 2022.

Diketahui bahwa dalam mengawali amanah sebagai Pemimpin NTB, banyak masa-masa sulit yang dilewati, mulai dari bencana gempa bumi Tahun 2018, kemudian Maret 2020 terdampak Pandemi Covid-19 yang belum berakhir hingga saat ini. Tahun 2022 disambut dengan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) hingga Inflasi dan bayang-bayang resesi dunia.

Ummi Rohmi turut memaparkan bahwa Pemerintah Provinsi NTB terus memacu program unggulan seperti Industrialisasi, Posyandu Keluarga, Beasiswa Luar Negeri, Desa Wisata dan Zero Waste, serta program unggulan lainnya.

Diantaranya adalah Jumlah UMKM NTB yang telah mencapai 279.345 unit per 22 November 2022, kemudian pada Posyandu Keluarga telah menghantarkan NTB mendapat apresiasi dan penghargaan dari Kementerian Kesehatan yaitu Anugerah Penghargaan STB Award hingga Kategori Percepatan 100% SBS (Stop Buang Air Besar Sembarangan).

Pasukan Bendera PATAKA Simbol Kebesaran NTB
Pasukan Bendera PATAKA Simbol Kebesaran NTB

Terobosan ini juga mendukung Zero Waste dalam pelibatan masyarakat serta target bebas sampah 2023. Terjadi peningkatan neraca pengelolaan sampah dari 20,06% di Tahun 2018 menjadi 50,44% di Tahun 2022. NTB Zero Waste juga memunculkan banyak inisiasi diantaranya Eco-Office, Eco-School dan sebagainya.

Menggesa Program Unggulan 99 Desa Wisata, tercatat NTB telah memiliki 445 Desa Wisata dengan pengembangan infrastruktur dan inovasi yang terus dilakukan untuk mendukung sektor kepariwisataan.

Program Unggulan 1000 Cendekia yang sejak Tahun 2019 hingga 2022 ini telah mengirimkan total Awardee sebanyak 4.470 orang yang akan membangkitkan semangat dan kepercayaan diri membangun daerahnya.

Di Tahun keempat sebagai representasi keberhasilan berbagai program unggulan, ditopang pula dengan event-event internasional seperti MotoGP, WSBK, MXGP, IATC, Iron Man, Shell Eco Marathon, Konvensi G20 dan lainnya sehingga membentuk peluang ekonomi baru di NTB.

“Akhirnya, melalui hari yang bersejarah ini, mari kita songsong Tahun Politik 2023 menuju Pesta Demokrasi 2024 mendatang dengan rasa kekeluargaan dan saling mendukung, kita semakin bersatu, Insya Allah kita semakin maju”, tutup Ummi Rohmi. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here