Sangkep ASLI Usung Sasak Lombok Go Internasional
Sangkep ASLI Usung Sasak Lombok Go Internasional

Matarammetro- Ketua Harian  Majelis Adat Sasak.  ( MAS), Lalu Bayu Windia, Disela Pembukaan Kongres I Aliansi Sasak Lombok Indonesia ( ASLI) Minggu  15/05/22  mengungkapkan para  Peserta kongres yang menghadiri kongres Asli l ini dihadiri 110 peserta  berasal dari 34 provinsi.

” Diantara 110 orang ini  belum ada yang  saling kenal satu sama lain.  Sehingga ketika pertama bertemu mereka saling melepas rindu kangen dan berharu biru.

Hingga  banyak jadwal  kongres terlewatkan karena suasana emosional ini,” ujar pria yang akrab disapa Miq Bayu.

Sangkep ASLI Usung Sasak Lombok Go Internasional
Sangkep ASLI Usung Sasak Lombok Go Internasional

Menurutnya  Peserta terjauh berasal dari sorong. Mereka membentuk kerukunan  Semeton Sasak Sorong Yang disebut S3. Begitu pula dengan  paguyuban kerukunan Sasak di Surabaya , kalimantan dan pulau lainnya.

” Setelah terbentuk ASLI  ini maka banyak hal  besar akan terjadi,” tegas Bayu seraya meyakinkan bahwa keberadaan ASLI nantinya akan setara dan se Level dengan bangsa lain di dunia.

Sementara untuk mempersatukan keanggotaan ASLI menciptakan Flatform pasar online yang disebut dengan ASLIQUE . Aplikasi ini juga bisa berfungsi sebagai kartu anggota.

Sementara Ketua  Aliansi Sasak Lombok Indonesia ( ASLI)  yangq baru terpilih yaitu Lalu Mas’ud ,Khollah,  ST, MT didampingi Sekertaris Jendral Asli, Mahrif S.pd dan Bendahara H.Rizal Yasri mengungkapka, target ASLI adalah untuk go internasional. Ini terlihat dari antusias para Diaspora

Sasak dari 34 propinsi dan bangsa sasak  yang ada di 7 negara seperti Belanda,Belgia,polandia,jepang dan negara lainnya. Untuk itu ASLI membuat program jangka pendek berupa pembuatan data base keanggotaan.  Untuk jangka menengah  akan melakukan konsolidasi di 34 propinsi dan 62 organisasi Kerukunan Sasak yang ada di tiap propinsi tersebut.

” Dan untuk kedepan dan jangka panjang  ASLI sebagai wadah  pemersatu  untuk  meningkatkan marwah Bangsa Sasak hingga bisa se level dengan bangsa lain dalam segala hal. Baik Politik, Ekonomi,Sosial dan budaya,” ujarnya mengakhiri.(N3G)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *