Polresta Mataram Ungkap Pencurian Kabel Tanam Telkom

Kapolresta Mataram Kombes Pol Heri Wahyudi SIK, MM didampingi Kasat Reskrim Polresta Mataram Kompol Kadek Adi Budi Astawa, ST, SIK dan Kasi Humas Polresta Mataram Iptu Erny Anggraeni, SH., saat olah TKP di jalan Panca Usaha Mataram
Kapolresta Mataram Kombes Pol Heri Wahyudi SIK, MM didampingi Kasat Reskrim Polresta Mataram Kompol Kadek Adi Budi Astawa, ST, SIK dan Kasi Humas Polresta Mataram Iptu Erny Anggraeni, SH., saat olah TKP di jalan Panca Usaha Mataram

 

Matarammetro – Kapolresta Mataram Kombes Pol Heri Wahyudi SIK, MM didampingi Kasat Reskrim Polresta Mataram Kompol Kadek Adi Budi Astawa, ST, SIK dan Kasi Humas Polresta Mataram Iptu Erny Anggraeni, SH menghadiri kegiatan olah tempat kejadian perkara (TKP) atas tindak pidana Pencurian Kabel galian bawah tanah (Kabel Tanam) di duga milik PT. Telkom,  di Jalan Panca Usaha, Kecamatan Mataram, Kota Mataram, Jum’at (14/01/2022).

Peristiwa Pencurian tersebut terjadi Jum’at (14/01/2022) sekitar pukul 01.00 Wita, dan penangkapan terhadap pelaku dilakukan oleh Tim Puma Reskrim Polresta Mataram pada saat pelaku sedang beraksi melakukan Pencurian kabel galian tersebut. Para pelaku diamankan beserta barang bukti berupa potongan kabel tanam sekitar 3 mtr dan alat pemotong dan alat gali.

Kapolresta Mataram Kombes Pol Heri Wahyudi SIK, MM., mengatakan bahwa pencurian kabel tanam tersebut diketahui bermula dari kecurigaan terhadap gangguan telekomunikasi yang terjadi diwilayah kota Mataram. Selanjutnya dilakukan penyelidikan hingga diketahui ada kabel tanam yang dicuri.

Olah TKP di jalan Panca Usaha Mataram
Olah TKP di jalan Panca Usaha Mataram

“Dugaan sementara Kabel ini milik PT, Telkom, kami masih melakukan penyidikan terkait kabel ini milik siapa, namun kami telah mengamankan 3 orang pelaku saat itu juga,” ungkap Kapolresta Mataram Kombes Pol Heri Wahyudi ,SIK di TKP jalan Panca Usaha Mataram.

Menurut Heri, Polisi belum bisa menyimpulkan secara jelas kronologis kejadian Karena saat ini masih dalam proses penyidikan.

Menurut keterangan, pelaku terdiri dari 5 orang, namun baru 3 pelaku yang berhasil ditangkap, sementara 2 diantaranya berhasil kabur dan masih dalam proses pengejaran.

“Sementara diketahui 3 pelaku tersebut bernama A, M dan H yang semuanya berasal dari Lingkungan Pusaka Monjok, Kecamatan Mataram termasuk 2 orang yang berhasil kabur,” jelasnya.

Heri menjelaskan berdasarkan keterangan Bapak SK Kepala Lingkungan Pusaka Monjok, membenarkan bahwa kelima pelakunya merupakan warga nya yang memang saat ini tidak punya pekerjaan.

“Sebelumnya beberapa dari mereka telah diberikan pekerjaan sebagai tukang parkir dan penjaga sekolah, namun karena hasil nya tidak sesuai dengan harapan, akhirnya berhenti bekerja dan kembali menganggur,” ucap Heri mengutip keterangan Kepala Lingkungan SK.

Lanjut Kapolresta, untuk saat ini kami hanya mengecek TKP, sementara Tim Reskrim masih bekerja melakukan penyidikan termasuk mengumpulkan keterangan saksi seperti rekaman CCTV yang terpasang di salah satu Toko Elektronik yang terletak tepat berhadapan dengan TKP.

“Dari rekaman CCTV tersebut kami akan pelajari dan selidiki siapa-siapa yang terlibat tindak Pidana Pencurian kabel ini. Tunggu saja kami sedang proses dulu,” jawab Heri singkat di hadapan awak media.

Sementara itu ditempat yang sama salah seorang warga yang tinggal disekitar TKP bernama HR membenarkan bahwa beberapa malam dia mendengar orang menggali sekitar pukul 02.00 WITA , karena penasaran HR menghampiri dan menanyakan kepada mereka sedang gali apa, dan dijawab oleh pelaku memperbaiki saluran air.

“Dijawab lagi perbaiki saluran katanya saat saya tanya, dan saya melihat sekitar 4 atau 5 orang saat itu, namun saya tidak melihat dia mengambil sesuatu atau kabel dari dalam galian tersebut, karena selesai saya tanya saya langsung balik pulang,” ungkap HR.

Dari keterangan tersangka di TKP terungkap bahwa mereka hanya mengambil tembaga didalam kabel tanam dengan cara dibakar dan dijual seharga Rp. 90.000-,. Dan mereka telah berhasil mlakukan penjualan sebanyak 10 kg tembaga. (N3G)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here