Kemenkumham NTB Gelar Simulasi Tanngap Darurat Kebakaran Lapas

Kemenkumham NTB Gelar Simulasi Tanngap Darurat Kebakaran Lapas
Kemenkumham NTB Gelar Simulasi Tanngap Darurat Kebakaran Lapas

Matarammetro-Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Ham NTB menggandeng Dinas Kebakaran Kota Mataram mengadakan Pembinaan Satuan Petugas Keamanan dan Ketertiban, dengan menggelar simulasi tanggap darurat kebakaran, pada Kamis, 16 September 2021.

Sosialisasi yang bertempat di Arena Lesehan Taufik 2, Suranadi, Lombok Barat, diikuti oleh seluruh Kepala Lapas dan Rutan se-Nusa Tenggara Barat serta seluruh jajaran dari Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Ham NTB.

Kepala Divisi Pemasyarakatan, Maliki didampingi Kepala Bidang Penyuluhan dan Sarana Prasarana Dinas Pemadam Kebakaran Kota Mataram Nanang Edward, S.H. mengatakan, pembinaan ini dilakukan untuk melatih mental dan fisik seluruh jajarannya demi meningkatkan profesionalisme petugas-petugas rutan dan lapas dalam menghadapi tantangan saat melaksanakan tugas.

“Kita telah ketahui bersama kejadian kebakaran Lapas Kelas I Tangerang beberapa waktu lalu, di mana kejadian tersebut menewaskan 46 warga binaan, jadi kegiatan ini adalah sebagai sosialisasi tentang bagaimana melakukan penanggulangan pemadaman api manakala terjadi pada lapas-lapas atau rutan-rutan yang ada di NTB,” ungkap Maliki.

Sementara Kepala Lapas Perempuan Kelas III Mataram, Dewi Andriani yang turut berpartisipasi dalam giat ini mengatakan akan mensosialisasikan kembali kiat-kiat dan trik penanggulangan bahaya kebakaran pada jajarannya, “Sebaiknya dari Dinas Pemadam Kebakaran yang datang langsung ke Lapas, agar simulasi ini dapat dilihat langsung oleh para petugas Lapas,” saran Dewi.

Demikian pula dengan Kepala Lapas Kelas IIA Mataram, Ketut Akbar Herry Achjar menyampaikan apresiasinya kepada panitia, “Sebentar namun sangat¬†¬† luar biasa dan informasi yang kami dapat akan kami sampaikan kepada teman-teman petugas Lapas,” ujarnya dengan semangat.[Arya]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here