Tebar 60 Ribu Bibit Nila Di Temas Wabup Janji Realisasikan Fasus 21 Desa

Wabup Lobar
Wbup Lobar

Lobar, Matarammetro.com-Wakil bupati Lombok Barat (Lobar) Hajjah Sumiatun menebar 60 ribu bibit ikan jenis nila didusun Temas Desa Narmada Kecamatan Narmada, pada hari Sabtu 20 Februari 2021. Acara yang dihajatkan untuk menjaga eksistensi sumberdaya alam  dan membangun ekonomi mikro tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Se Kecamatan Narmada, Jajaran Muspika Narmada,Sejumlah KSPD Instansi terkait dan perwakilan anggota DPRD Lobar, Toga dan Toma setempat.

Subayanto, S.IP., Kepala Desa Narmada dalam sambutannya memaparkan bahwa puluhan potensi SDA diwilayahnya merupakan asset Agro dan Eko wisata yang kental dengan kearifan local dan sangat membutuhkan sentuhan khusus dari Pemda Lobar yang salah satunya bentangan kali yang tak pernah surut airnya tempat dilaksanakan pelepasan 60. 000 ekor bibit ikan oleh Wakil Bupati Lobar saat ini, (Sabtu 20/2).

“Desa Narmada yang terdiri dari 5 dusun yang dihuni oleh 4491 jiwa ini memiliki puluhan potensi sumber daya alam sebagai asset agro dan eko wisata sangat membutuhkan sentuhan dan perhatian khusus Pemda Lobar. Aliran kali dihadapan kita yang mencapai puluhan kilo yang sebentar lagi akan dilepaskan bibit ikan oleh Ibu Wakil Bupati, adalah salah satu potensi yang kami miliki yang sudah lam kami tunggu tunggu. Kegiatan ini dihajatkan dengan maksud dan tujuan yang luar biasa. Selain untuk memanfaatkan potensi yang ada, kali yang aliran airnya memanjang hingga mencapai puluhan kilo ini , akan membawa berkah apabila kita bias memanfaatkannya dengan maksimal, dan dapat menjadi rintisan sentar kulliner olahan hasil ikan air tawar”, ujarnya.

Subayanto  juga dalam kesempatan tersebut menyampaikan harapannya atas realisasi program ibu Hajjah Sumiatun tersebut dapat membangun motifasi dan etos kerja serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa Narmada khususnya Dusun Temas. Selain itu juga Subayanto menyampaikan permohonan sejumlah fasilitas khusus (Fasus) untuk keperluan warga mulai dari terop, Kendaraan pengangkut sampah, dan kebutuhan peralatan banjar (kelompok adat masyarakat, red).

Wakil Bupati Lombok Barat Ibu Hajjah Sumiatun dalam sambutannya dihadapan tokoh masyarakat dan ratusan warga Temas yang turut menyaksikan memberikan apresiasi  atas gagasan dan inofasi kreatif, kebersihan kalinya yang terjaga, dan menyampaikan puluhan programnnya yang akan direalisasikannya dalam waktu dekat, (Sabtu 20/2).

“Luar Biasa Desa Narmada ini, Kalinya Sangat Bersih, mudah mudahan kebersihan kali ini tetap terjaga. Saya berpesan kepada masyarakat agar tetap menjaga kebersihan dan mentaati protap Covid, karena dunia sedang dilanda pandemic covid-19”, ujarnya mengawali pidatonya.

“Ikan yang akan dilepas dikali ini berjumlah 60 ribu ekor, dan akan diberikan pakan 5 ton. Nanti saya akan dating lagi untuk meninjau perkembangannya, apakah masyarakat Temas benar benar saying dengan lingkungannya dan sumberdaya yang ada”, lanjut Kartini utama dan pertama di Kabupaten Lombok Barat ini.

Hajjah Sumiatun juga menjelaskan sejumlah manfaat yang menguntungkan secara ekonomi maupun secara kesehatan terkait budidaya ikan air tawar.

Selain itu Ibu Hajjah Sumiatun juga berjanji akan merealisasikan permohonan Kepala Desa Narmada terkait dengan fasilitas armada pengangkutan sampah dan fasilitas lainnya.

“Saya akan berikan kendaraan roda 3 yang diminta pak kades, dan ada program tambahan yang akan saya salurkan ke Desa berupa terop, Wearles, untuk 10 Desa, sebagai program Sopok Angen, fasilitas pemandian jenazah untuk 21 desa. Pembangunan jalan jalur Suranadi, Lembah Sempage tahun ini akan realisasi dengan pagu Rp. 8,2 milyar. Dan yang terakhir adalah peralatan banjar untuk kebutuhan acar acara warga masyarakat. Dan saya berharap agar kita sama sama  menjaga, merawat, dan bertanggungjawab bersama”, pungkasnya.

Acara tersebut diakhiri dengan pelepasan bibit ikan jenis nila secara simbolisoleh Ibu Wakil Bupati  bersama Kepala Dinas Pertanian Lobar, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lobar, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Lobar, anggota DPRD Lobar sebanyak 60 000 ekor.(N3G)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here