Denkesyah Mataram Gelar Simulasi Vaksinasi Covid-19

Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han.,
Foto Bersama Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., dihadiri Kakesdam IX/Udayana, perwakilan TNI-Polri dan Pemerintah Daerah terkait.

Matarammetro.com – Dalam rangka meminimalisir jumlah terpapar corona virus desease (Covid-19) di wilayah Korem 162/WB, Denkesyah 09.04.02 Mataram menggelar simulasi vaksinasi Covid-19 di Lapangan Denkesyah Mataram jalan Hos Cokroaminoto Kota Mataram, Selasa (29/12).

Simulasi vaksinasi Covid-19 yang dibuka Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., dihadiri Kakesdam IX/Udayana, perwakilan TNI-Polri dan Pemerintah Daerah terkait.

Adapun mekanisme simulasi mulai pasien datang dengan membawa E-tiket berupa SMS pemberitahuan dari BPJS Kesehatan yang dilanjutkan ke tempat pendaftaran, selanjutnya dilakukan skrining Kesehatan dan vaksinasi Covid-19. Setelah itu pasien akan observasi selama 30 Menit sebelum diperbolehkan untuk pulang.

Usai menggelar mekanisme simulasi, Danrem 162/WB menjelaskan, tujuan simulasi ini dilakukan untuk mengecek kesiapan personel TNI AD khususnya tenaga kesehatan Denkesyah Mataram dalam rangka pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Provinsi NTB dengan mekanisme yang sudah ditentukan.

“Jadi tujuan utama pemberian vaksinasi ini adalah untuk menurunkan angka penderita dan kematian akibat Covid-19 dan mengurangi transmisi/penularan virus tersebut serta melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh serta menjaga produktifitas dan meminimalkan dampak sosial dan ekonomi masyarakat,” papar pria kelahiran Jakarta tersebut.

Adapun cara vaksinasinya, lanjut Ahmad Rizal, yakni dengan cara menyuntikkan vaksin berisi virus yang telah diinaktivasi secara intramuscular serta dilakukan secara bertahap sesuai ketersediaan vaksin.

“Ada skala prioritas kelompok penduduk penerima vaksin Covid-19 terutama tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan dan tenaga penunjang yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan serta anggota TNI Polri menjadi kelompok pertama penerima vaksin Covid-19.” terangnya.

Untuk itu, pihaknya berharap Denkesyah Mataram dapat meningkatkan sumber daya manusianya dalam memberikan pelayanan vaksinasi Covid-19 dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 dalam setiap penanganan pasien, pungkasnya.

Ditempat yang sama Kakesdam IX/Udayana Kolonel Ckm dr. I Made Mardika, Sp.PD, M.A.R.S., menambahkan, vaksinasi ini nantinya akan diberikan secara gratis dan satu-satunya Kodam yang menyelenggarakan simulasi Vaksinasi Covid-19 di Rumah Sakit milik TNI AD adalah Kodam IX/Udayana mulai dari Denpasar, Kupang dan Mataram.

“Pangdam IX/Udayana berpesan, bahwa kita sebagai TNI harus menjadi pelopor,” ungkapnya.(N3G)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here