Kelurahan Abian Tubuh Baru Sentra Tahu Tempe dan Bersinar

Kelurahan Abian Tubuh Baru Sentra Tahu Tempe dan Bersinar
Kelurahan Abian Tubuh

Matarammetro.com-Kelurahan Abian Tubuh Baru Kecamatan Sandubaya Kota Mataram adalah kelurahan yang warganya cukup kompetitif dalam membangun ekonominya. Home industry berupa sentra tahu tempe sudah mencapai pasaran luar daerah. Selain tahu tempe juga ada produksi rumahan andalannya berupa kerajinan tas tas soufenir yang sudah masuk ke pasar pasar seni dan pariwisata.

Kelurahan Abian Tubuh Baru  yang dihuni oleh 6.000 penduduk yang terbagi dalam 8 lingkungan 42 RTsebagai pembantu pemerintahan kelurahan Abian Tubuh Baru (data 02 November 2020).

Irwan Hidayat,  SE.,Lurah Abian Tubuh Baru diruang kerjanya mengatakan bahwa perekonomian masyarakat Kelurahan Selagalas bersumber dari sector pertanian, perdagangan, dan Karyawan, (Senin 2/11)

“Sumber mata pencaharian masyarakat kami adalah berdagang, petani sedikit dan karyawan swasta dan pemerintah dengan tatanan social yang cukup kondusif. Selain perangkat kelurahan kader posyandu juga sangat berperan dalam membantu pemerintahan kelurahan sebagai struktur pelaksana pemerintahan paling bawah. Hanya saja sering terjadi kerancuan karena ada salah satu lingkungan kami yang namanya Abian Tubuh Barat. Sementara 2 lingkungan lainnya Abian Tubuh Utara dan Abian Tubuh Selatan masuk kelurahan Cakra Selatan Baru. Sehingga Abian Tubuh ini jadi masuk 2 kelurahan Abian Tubuh Baru dan Cakra Selatan Baru”, terangnya meluruskan.

 

Ditambahkannya juga bahwa dikelurahan Abian Tubuh Baru diperkuat oleh peraturan adat budaya kearifan lokal yang disebut awig awig yang mendaulat Abian Tubuh Baru menjadi kelurahan BERSINAR (Bersih Narkoba).

“Di kelurahan Abian Tubuh Baru ini kami diperkuat oleh awiqawig yaitu peraturan adat yang telah disepakati dan ditandatangani bersama warga dalam menjaring masuknya narkoba ke lingkungan. Dengan adanya awig awig tersebut kami didaulat menjadi kelurahan BERSINAR “Bersih Narkoba” , terangnya.(N3G)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here