Icon Tugu Prasasti Kalpataru Simbul Kecamatan Sandubaya

Icon Tugu Prasasti Kalpataru Simbul Kecamatan Sandubaya
Tugu Prasasti Kalpataru yang merupakan penghargaan tertinggi pemenang kebersihan berturut turut 3 kali diraih oleh Kota Mataram sehingga diabadikan di simpang 4 Suweta dalam bentuk bangunan tugu prasasti Kalpataru

Matarammetro.com-Kecamatan Sandubaya adalah salah satu kecamatan diwilayah Kota Mataram yang terletak disebelah timur Kota Mataram yang berbatasan dengan Lombok Barat. Kecamatan Sandubaya merupakan akses pintu keluar masuk wilayah Kota Mataram sehingga terminal Mandalika yang terletak diwilayah Kecamatan Sandubaya merupakan terminal induk penghubung antar provinsi. Hal tersebut diungkapkan Camat Sandubaya Lalu Saharudin S.Sos diruang kerjanya Senin 9 November 2020.

“Kecamatan Sandubaya terletak paling timur dalam wilayah Kota Mataram yang berbatasan langsung dengan Lombok Barat dan merupakan pintu keluar masuk utama transportasi antar Kabupaten maupun antar Povinsi. Terminal Mandalika yang terletak diwilayah Sandubaya nota bene menjadi terminal induk dan sangat strategis dalam perekonomian”, jelasnya.

Dikatakannya juga bahwa Kecamatan Sandubaya memiliki potensi ekonomi sebagai pusat perdagangan induk sehingga didominasi oleh transaksi pasar grosiran. Menurutnya keberadaan terminal Mandalika dan Pasar Bertais merupakan terbesar dan terluas diNTB sehingga peran perputaran ekonomi sebagai pusat perdagangan antar kabupaten sangat dominan. Peluang tersebut dikatakannya sebagai penopang utama ekonomi masyarakat diwilayahnya karena merangsang tumbuhnya ekonomi ikutan dan ekonomi mikro lainnya.

Lanjut Saharudin,”Dampak ekonomi ini adalah merupakan upaya pemerintah dalam penyediaan lapangan kerja dan mengurangi pengangguran. Wilayah kecamatan Sandubaya  memiliki luas 10,32 km2 yang terbagi dalam 7 kelurahan dengan tingkat kepadatan  7448 jiwa/km2 sehingga total jumlah penduduknya 76.868 jiwa berdasarkan data tahun 2017 yang diterbitkan tahun 2018. Nuansa religious yang ada dikecamatan Sandubaya terbangun oleh budaya kearifan local yang ada”, paparnya.

Dikatakannya juga bahwa Kecamatan Sandubaya memiliki simbul Tugu Prasasti  Kalpataru yang merupakan penghargaan tertinggi pemenang kebersihan berturut turut 3 kali diraih oleh Kota Mataram sehingga diabadikan di simpang 4 Suweta dalam bentuk bangunan tugu prasasti Kalpataru”,pungkasnya.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here