Foto Papuk Samsiah bersama cucunya dan keluarganya bersama personil Koramil 1606-04 Gerung didepan rumah barunya, Selasa 31 Oktober 2023.
Foto Papuk Samsiah bersama cucunya dan keluarganya bersama personil Koramil 1606-04 Gerung didepan rumah barunya, Selasa 31 Oktober 2023.

Matarammetro- Kakek Samsiah 80 th yang hidup bersama seorang cucunya yang sebatangkara menempati sebuah rumah reot tak layak huni di RT.04 Lingkungan Aik Ampat Kelurahan Gerung Lombok Barat mendapat atensi serius Danrem 162/WB setelah sejumlah aktifis media sosial mengupload vidio kondisi tempat tinggalnya dan menjadi viral.

Keterangan tersebut selaras dengan penuturan yang disampaikan Ahmad Fauzan Kepala Lingkungan Aik Ampat yang mengatakan bahwa, viralnya Papuk (Kakek, red) Samsiah berawal dari vidio sekelompok aktifis pegiat media sosial (medsos) yang merekam kondisi ril tempat tinggal Papuk Samsiah yang dinilai publik tidak layak huni pada tanggal 25 September 2023.

HUT TNI Ke-78 Persembahkan Bedah Rumah RTLH Di Aik AmpatBarat, Selasa 31 Oktober 2023.
Foto pengerjaan finishing Rumah Baru Papuk Samsiah Lingkungan Aik Ampat Grung Lombok

“Vidio itu memancing respon instansi terkait untuk turun memberikan sejumlah sumbangan sembako dan kebutuhan lainnya. Berikutnya tanggal 26 dikinjungi Kapolres Lobar, dan selanjutnya tanggal 28 September Komandan Korem 162/WB berkesempatan mengunjungi kami bersama Tim Koramil 1606-04 Gerung yang langsung menerima instruksi Danrem 162/WB untuk tindak lanjut rehab RTLH Bedah Rumah dan dilaksanakan pengukuran esok harinya dan dikerjakan hingga selelsai pada hari ini Selasa 31 Oktober 2023. Insyaallah rencananya akan diserah terimakan oleh Danrem 162/WB pada hari Jum’at 3 November 2023,”lanjut Fauzan.

Fauzan  juga mengungkapkan rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada Danrem 162/WB atas bantuan dan atensinya yang menerjunkan 8 anggotanya untuk membantu material dan pengerjaan rehab rumah Papuk Samsiah dari awal hingga tuntas.

Fauzan mengaku masih ada 5 warganya dengan kondisi yang sama seperti Papuk Samsiah menunggu uluran tangan pemerintah maupun dermawan dari pihak lain untuk menyalurkan sumbangannya.

Foto Papuk Samsiah didampingi Ketua RT 04 dan Kepala Lingkungan Aik Ampat Kelurahan Gerung Kecamatan Gerung Lombok Barat, Selasa 31 Oktober 2023.
Foto Papuk Samsiah didampingi Ketua RT 04 dan Kepala Lingkungan Aik Ampat Kelurahan Gerung Kecamatan Gerung Lombok Barat, Selasa 31 Oktober 2023.

Dalam kesempatan yang sama Papul Syamsiah yang mengaku ditinggal almarhum istrinya sejak 20 tahun lalu mengungkapkan rasa bahagianya yang tak terhingga atas hadiah rumah baru yang dibangunkan oleh TNI.

“Saya sangat bangga kepada TNI yang tidak banyak basa basi langsung bertindak membantu saya memperbaiki rumah saya yang sudah reot disulap menjadi baru. Terima Kasih kepada Pak Danrem, Pak Dandim, Pak Danramil, dan juga kepada bapak bapak Tentara yang membangunkan rumah saya sampai selesai lengkap dengan tempat tidur dan peralatan dapur”ungkapnya berkaca kaca.

Untuk diketahui bahwa program Bedah Rumah RTLH merupakan rangkaian dari kegiatan Bhakti Sosial (Baksos)TNI dalam memeriahkan HUT TNI ke-78 tahun 2023 yang dilaksanakan disejumlah titik sebagai persembahan pengabdian tanpa batas kepada NKRI dalam fungsinya sebagai pengayom.

Lingkungan Aik Ampat Kecamatan Gerung Lombok Barat merupakan wilayah teritorial binaan Kodim 1606/ Lobar yang sekarang berganti nama menjadi Kodim 1606/Mataram sejak mendapat anugerah kenaikan status tahun lalu dan dibawah pengawasan Koramil 1606-04 Gerung. (N3G)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *