Kepala SMKN 1 Lembar, Ahmad Quroni, M.Pd.,
Kepala SMKN 1 Lembar, Ahmad Quroni, M.Pd.,

Matarammetro-SMKN 1 Lembar yang secara georafis berada dekat dengan pesisir dan pelabuhan lembar yang khas dengan fasilitas kebaharian membimbing siswanya dibidang service permesinan perkapalan dan perahu karena rata rata siswanya berasal dari kawasan sekitar dengan nuansa bahari yang kental. Demikian disampaikan Kepala SMKN 1 Lembar, Ahmad Quroni, M.Pd., saat dikonfirmasi diruang kerjanya terkait kesiapan SMK yang dinakhodainya bakal berselancar menuju program BLUD, Selasa (12-9/2023).

“Tahun ini kami dipercaya sebagai salah satu SMK BLUD dari 23 SMK yang diusulkan masuk program BLUD tahap II. Kami memiliki banyak potensi, salah satunya adalah jasa bengkel work shop tekhnik untuk warga sekitar untuk service dan pemeliharaan kapal, service dan pemasangan mesin tempel untuk perahu, serta alat alat yang berkaitan dengan tekhnik perkapalan,”terangnya.

Udang Vaname Andalan SMKN 1 Lembar Menuju BLUD
Udang Vaname Andalan SMKN 1 Lembar Menuju BLUD

“Selain itu kami juga punya produck budidaya yang kami mulai tahun ini berupa budidaya udang Vaname yang omzetnya cukup menjanjikan karena pangsa pasarnya cukup luas,”imbuhnya.

Menurutnya, dalam mengawali budidaya udang vaname, pihaknya masih menggunakan sistem geo flog, dengan sistem sirkulasi pengairannya langsung disedot dari laut karena berada dipinngir laut sehingga memungkinkan peluang untuk pengembangan budidaya udang Vaname.

Selain itu ada juga produk olahan lainnya seperti ikan marinasi, pembibitan, olahan kulliner hasil laut lainnya.

“Untuk olahan pakan, karena kami belum memiliki tekhnologi standarisasi pengolahan, kami hanya mampu memproduksi pakan yang tenggelam. Kami berharap budidaya udang Vaname bisa kami branding dalam program BLUD karena bisa panen 3 sampai 4 kali setahun. Sementara ini karena volumenya masih kecil maka perkiraan hasil sekali panen antara 15 sampai 16 juta setahun,”jelasnya. (N3G)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *