Kepala SMKN 1 Gerung Hj.Erny Zuhara, M.Pd., dan fasilitas RPS Perhotelan SMKN 1 Gerung
Kepala SMKN 1 Gerung Hj.Erny Zuhara, M.Pd., dan fasilitas RPS Perhotelan SMKN 1 Gerung

Matarammetro-Dinas Dikbud NTB kembali membuka kesempatan kepada SMK untuk turut mendaftar dalam program Layanan Umum Daerah (BLUD)  sebagai penunjang pembangunan sumber daya lulusan SMK yang profesional, mandiri dan berkarakter.

SMKN 1 Gerung sebagai salah satu SMKN yang turut mendaftar sebagai SMK BLUD menyusul sejumlah SMK yang sebelum telah menjalani program tersebut.

Kepala SMKN 1 Gerung Hj.Erny Zuhara, M.Pd., dikonfirmasi terkait kesiapannya sebagai calon SMK BLUD di mini caffe SMKN 1 Gerung mengatakan, kesertaan SMKN 1 Gerung dalam program BLUD diharapkan sebagai sarana untuk mengakomodir potensi ekonomi di sekolah yang akan dimanfaatkan kembali oleh sekolah untuk melengkapi sarana prasarana fasilitas pembelajaran agar standar pelayanan minimal kepada siswa dapat terpenuhi, Selasa (12-9/2023)

Aksi Tata Boga di RPS Boga SMKN 1 Gerung
Aksi Tata Boga di RPS Boga SMKN 1 Gerung

Diakuinya bahwa dari 7 jurusan yang ada di SMKN 1 Gerung hanya memiliki 2 fasilitas Ruang Praktik Siswa (RPS) yakni jurusan Perhotelan dan Tata Busana.

“Inilah harapan kami, potensi-potensi ekonomi disekolah, setidaknya bisa kami manfaatkan untuk mengejar standar pelayanan siswa, sehingga kompetensi anak didik bisa bersaing,”harapnya.

Menurutnya potensi yang cukup menonjol di SMKN 1 Gerung adalah jurusan Tata Boga berupa kulliner dengan produck produck makanan ringan, rice box dan sejumlah jenis minuman segar yang menyehatkan.

“Untuk tata busana kami sekaligus juga membantu UMKM Pemerintah Daerah untuk mengangkat kerajinan tenun daerah. Karena kebetulan siswa kami banyak yang bersal dari desa desa pengrajin kain tenun. Kami memanfaatkan produck mereka untuk memproduksi busana dengan corak dan motif khas,” terangnya.

“Sebagai andalan kami untuk produck BLUD SMKN 1 Gerung yang kedepannya bisa branding adalah minuman segar “Sirup Bunga Telang” dengan ratusan khasiat kesehatan, ada juga minuman segar varian lainnya. Tinggal urus ijin BP POM, ijin kesehatan dan industrinya dengan payung SMK BLUD,”jelasnya.(N3G)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *