Bhakti Stunting Sapa Desa Darek, Wagub NTB Serukan Pentingnya Protein Hewani Cegah Stunting
Bhakti Stunting Sapa Desa Darek, Wagub NTB Serukan Pentingnya Protein Hewani Cegah Stunting

Matarammetro-Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah Rohmi melalui Gerakan Bhakti Stunting kali ini menyapa masyarakat Desa Darek Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Selasa 22 Agustus 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Ummi Rohmi sapaan Wagub, kembali menekankan pentingnya pemberian protein hewani untuk mencegah stunting pada anak. Terutama dengan pemberian makanan tambahan atau PMT gizi seimbang sangat diperlukan demi pemenuhan nutrisi anak.

Ummi Rohmi pada kesempatan tersebut juga membagikan telur ayam kepada orangtua yang menjadi sasaran bhakti stunting. Telur ayam, dijelaskan Ummi Rohmi, menjadi salah satu protein hewani yang paling murah dan paling midah ditemukan.

“Telur ayam ini kita berikan untuk anaknya ya, ibu-ibu, bukan untuk bapaknya,” ungkapnya sembari membagikan telur ayam.

Wakil Gubernur juga meminta kepada orangtua untuk tidak membelikan jajan sembarangan kepada anak. Konsumsi jajan sembarangan yang tidak bergizi dan berbahaya adalah salah satu penyebab Stunting. Oleh karenanya, pengawasan dari orang tua dan edukasi dari Kader posyandu penting dilakukan.

“Ibu-ibu perhatikan betul makanan anak, jangan dikasih jajan sembarangan, kalau belanja di warung, belanja yang sehat, agar terhindar dari Stunting,” tuturnya.

Selain itu, Wakil Gubernur yang akrab disapa Ummi Rohmi ini,  juga meminta masyarakat untuk menjaga anaknya agar tidak menikah di bawah umur, mengingat pernikahan di bawah umur juga menjadi penyebab bayi lahir Stunting.

Ummi Rohmi berpesan kepada kades dan para kadus untuk terus memantau perkembangan anak-anak yang mengalami Stunting, guna memastikan masa depan yang cerah bagi generasi muda Desa Praya Barat. (red)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *