Raih Penghargaan Istimewa AISO, Ternyata SMKN 1 Sikur Jalin Kerjasama Dengan Malysia
Kepala SMKN 1 Sikur Hasbi Ahmad, dengan sumringah menunjukkan, Inilah Kopi Khas Kami “KOPI JAGO”, Ghak Percaya ? Coba Saja !!!

Matarammetro-SMKN 1 Sikur yang berdiri diatas lahan seluas 1,2 ha, yang menghimpun siswa 1.276 orang, serta didukung oleh 115 tenaga guru dan pegawai termasuk didalamnya pegawai TU serta memiliki sebelas jurusan sebagai salah satu sekolah penerima penghargaan Anugerah Istimewa Sekolah ( AISO ) 2023 dari Dikbud NTB dengan kategori Kelas Wirausaha Terbaik yang berlokasi di Gelanggang Pemuda Olahraga-Mataram, Selasa, 2/5/2023.

Kelas Wirausaha menjadi salah satu program dari sebelas strategi SMK Bidang Karya yang menjadi ejawantah dari NTB Gemilang.

Kepala SMKN 1 Sikur Hasbi Ahmad ketika ditemui media, Kamis, 4/5/2023 mengatakan tujuan dari Kelas Wirausaha ini karena SMKN 1 Sikur ini merupakan sekolah PK ( pusat unggulan ). Dimana salah satunya adalah bekerja.

“Kelas Wirausaha ini adalah market dari produk yang dihasilkan dari teaching factory. Dari proses pembelajaran saat praktik siswa siswi setiap jurusan,” ujar Hasbi.

Raih Penghargaan Istimewa AISO, Ternyata SMKN 1 Sikur Jalin Kerjasama Dengan Malysia
Kepala SMKN 1 Sikur Hasbi Ahmad, menunjukkan pelayanan Gerai Tefa Pujaseranya.

SMKN 1 Sikur juga memiliki banyak program hebat, diantaranya Kerjasama dengan Malaysia untuk magang siswa, lalu ada launching dengan Bank Syariah untuk mempermudah siswa siswi dalam pembayaran SPP. Namun, yang sangat terekspose kepermukaan adalah Kelas Wirausaha, lanjutnya.

SMKN 1 Sikur saat ini telah melaunching Gerobak Masuk Pasar ( Gempar ) dan Gerobak Masuk Desa ( Gemadesa ) untuk dikenalkan kepada masyarakat bahwa ini adalah wirausaha dari siswa siswi, dan itulah yang menjadi alasan sekolah untuk membentuk Kelas Wirausaha agar mempermudah anak-anak dalam membentuk suatu usahanya.

Untuk penghargaan AISO 2023 dari Dikbud merupakan suatu bonus untuk SMKN 1 Sikur. “Karena, sekolah kami juga memiliki banyak prestasi salah satunya Kelas Magang ke Malaysia. Dan yang menjadi prioritas juga berapa siswa siswi yang telah bekerja, contohnya : di Malaysia sudah terdapat 23 orang siswa uang sudah magang,” imbuhnya.

Itulah yang menjadi alasan SMKN 1 Sikur fokus pada kelas wirausaha, karena, anak-anak butuh ruang untuk berekspresi dalam mengembangkan kemampuan siswa siswi sekolah ini.

Menurutnya, Setahun lalu bertepatan dengan perayaan HUT SMKN 1 Sikur ke 13 Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, SE., M. Sc. melaunching Gerai Tefa Pujasera sebagai tempat praktikum wira usaha siswa SMKN 1 Sikur dan sekaligus kedatangan tamu dari Malaysia yang mengawali MoU magang siswa/siswi SMKN 1 Sikur ke negeri jiran tersebut yang menjadi buruan para wali muridnya.

“Sejak dilaunching Pak Gubernur, Gerai Tefa Pujasera ini selain sebagai tempat latihan kewirausahaan siswa/siswi juga mengawali program magang ke Malaysia karena bertepatan dengan agenda itu kami kedatangan tamu mendadak dari Malaysia yang menyodorkan MoU kerjasama magang siswa siswi kami ke Malaysia yang justru digandrungi para wali murid kami,”terangnya.

Untuk diketahui Gerai Tefa Pujasera SMKN 1 Sikur memiliki kopi JAGO dengan sensasi rasa yang sangat khas dan nikmat, kalau nggak percaya Boleh Dicoba mampir.(N3G)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *