DPRD NTB Terima Surat Usulan Ratusan Ormas Dan Ulama Untuk PJ Gubernur

Ketua DPRD Provinsi NTB Hj. Baiq Isvie Rupaeda, S.H., M.H. didampingi Wakil Ketua DPRD NTB Drs. H. Muzihir, Ketua Fraksi PAN DPRD NTB H. Hasbullah Muis dan Sekwan NTB Drs. H. Surya Bahari, MMPd. Menerima berkas dokumen Surat Aspirasi Usulan Ratusan Ormas Dan Ulama Untuk PJ Gubernur NTB 2023 2025 diruang Pleno DPRD NTB Kamis 25 Mei 2023.
Ketua DPRD Provinsi NTB Hj. Baiq Isvie Rupaeda, S.H., M.H. didampingi Wakil Ketua DPRD NTB Drs. H. Muzihir, Ketua Fraksi PAN DPRD NTB H. Hasbullah Muis dan Sekwan NTB Drs. H. Surya Bahari, MMPd. Menerima berkas dokumen Surat Aspirasi Usulan Ratusan Ormas Dan Ulama Untuk PJ Gubernur NTB 2023 2025 diruang Pleno DPRD NTB Kamis 25 Mei 2023.

Haji Lalu Niqman Zahir, S.Sos., M.Si., Diusulkan Rakyat, Ormas serta Ulama NTB Sebagai PJ Gubernur NTB 2023-2025

Matarammetro-Masa jabatan Gubernur NTB Zulkieflimansyah dan Wagub NTB Sitti Rohmi Djalilah yang akan berakhir  pada 19 September 2023, memunculkan sejumlah nama bakal calon (Balon) Penjabat (PJ) Gubernur NTB mulai menggelinding untuk mengisi kekosongan sementara menunggu hasil Pilkada 2024 mendatang.

Selain 3 orang yang telah digodok DPRD NTB, ratusan elemen Ormas dan Ulama mendatangi DPRD NTB dengan membawa surat aspirasi usulan Balon PJ Gubernur NTB pada hari Kamis 25 Mei 2023 yang ditetapkan berdasarkan sejumlah alasan mendasar yakni :

Sosok Tokoh NTB Haji Lalu Niqman Zahir, S.Sos., M.Si., yang diusulkan Ratusan Ormas Dan Ulama serta seluruh Rakyat NTB Untuk PJ Gubernur 2023 -2025
Sosok Tokoh NTB Haji Lalu Niqman Zahir, S.Sos., M.Si., yang diusulkan Ratusan Ormas Dan Ulama serta seluruh Rakyat NTB Untuk PJ Gubernur 2023 -2025
  1. Haji Lalu Niqman Zahir, S.Sos., M.Si., adalah putra daerah NTB yang memahami secara mendalam potensi dan sumberdaya yang tersedia di NTB maupun karakteristik, kebutuhan, dan permasalahan yang dihadapi masyarakat NTB.
  2. Haji Lalu Niqman Zahir, S.Sos., M.Si., adalah Aparatur Sipil Negara yang memiliki pengalaman dan pemahaman memadai dibidang pemerintahan sehingga diyakini dapat melanjutkan program yang telah dirumuskan dalam RPJM maupun RPJP Nusa Tenggara Barat.
  3. Haji Lalu Niqman Zahir, S.Sos., M.Si., memiliki usia yang relatif muda (54 th) sehingga sangat mendukung untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan efektif sebagai Penjabat Gubernur NTB yang menuntut mobilitas tinggi.
  4. Haji Lalu Niqman Zahir, S.Sos., M.Si., memiliki rekam jejak yang sangat baik terutama berkaitan dengan loyalitas, integritas, dan dedikasi. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nyata bahwa, selama bertugas sebagai Aparatur Sipil Negara belum pernah terindikasi melakukan pelanggaran hukum.
  5. Haji Lalu Niqman Zahir, S.Sos., M.Si., adalah satu satunya tokoh NTB yang dapat diandalkan netralitasnya dalam suhu politik di NTB sehingga dinilai dapat menjalankan tugas dan fungsinya sebagai PJ Gubernur NTB 2023-2024 dengan maksimal tanpa interfensi maupun keberpihakan secara politik.
  6. Haji Lalu Niqman Zahir, S.Sos., M.Si., tidak sedang dalam masalah terkait dengan hukum.

Ketua DPRD Provinsi NTB Hj. Baiq Isvie Rupaeda, S.H., M.H. didampingi Wakil Ketua DPRD NTB Drs. H. Muzihir, Ketua Fraksi PAN DPRD NTB H. Hasbullah Muis dan Sekwan NTB Drs. H. Surya Bahari, MMPd. Dalam sambutan penerimaannya menjelaskan bahwa bakal calon (Balon) PJ Gubernur NTB 2023-2025 tetap mengacu pada Permendagri, Kamis 25 Mei 2023.

“Kami tetap mengacu pada Peraturan Mentri Dalam Negeri yang menekankan persyaratan harus eselon 1, jika Haji Lalu Niqman Zahir, S.Sos., M.Si., memenuhi persyaratan maka bisa masuk dalam usulan, dan hanya Haji Lalu Niqman Zahir, S.Sos., M.Si., yang usulannya disampaikan langsung oleh tokoh dan elemen masyarakat secara apiratif,”terangnya.

Ziat Ul Haq, ST koordinator pengawalan aspirasi usulan PJ Gubernur NTB terpisah mengatakan bahwa, aspirasi tersebut merupakan usulan dan dukungan dari sejumlah Ulama NTB, MUI, puluhan ormas media dan elemen swadaya masyarakat.

“Aspirasi ini merupakan usulan dan dukungan dari sejumlah Ulama NTB, MUI, puluhan ormas media dan elemen swadaya masyarakat dan mereka ikut langsung mengantar bersama sama. Alasan mendasar dukungan ini, selain Haji Lalu Niqman Zahir, S.Sos., M.Si., adalah tokoh asli NTB, beliau juga meniti karier dari dasar yakni sempat menjabat Lurah dan Camat Tanjung sampai sekarang menduduki jabatan Kepala Biro Organisasi, Keanggotaan dan Kepegawaian DPDRI di Jakarta, bertugas untuk menyelenggarakan koordinasi, perumusan kebijakan, dan pelaksanaan dukungan di bidang organisasi dan tata laksana, keanggotaan dan kepegawaian, hukum serta kerja sama,”terang Ziat.

Menurutnya PJ Gubernur NTB harus tokoh yang bersih dari segala sangkutan hukum dan tidak terkontaminasi politik.

“PJ Gubernur harus tokoh yang bersih dari segala sangkutan hukum dan netral tidak terkontaminasi politik. Satu satunya tokoh itu ya Haji Lalu Niqman Zahir, S.Sos., M.Si., dan juga memenuhi persyaratan ketentuan Permendagri,”pungkasnya. (N3G)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here