RSUP NTB Kolaborasi Dengan FK Unram Buka Prody OBSGIN Program Spesialis

RSUP NTB Kolaborasi Dengan FK Unram Buka Prody OBSGIN Program Spesialis
Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi NTB dr.H Lalu Herman Mahaputra, M. Kes, MH., bersama Danlanal Mataram dalam Evaluasi Lapangan Pembukaan Program Study (Prody) Obstetry dan Ginekologi (OBSGIN) program Spesialis dan Kedokteran Kelautan program spesialis Universitas Mataram oleh Tim Visitasi Direktorat Kelembagaan Dan Ditjen Pendidikan Tinggi Riset dan Tekhnologi pada hari Selasa –Kamis tanggal 6 April 2023 di Aula Rinjani RSUD Provinsi NTB.

Matarammetro-Nusa Tenggara Barat yang sedang berkompetisi dikancah Internasional dalam pembangunan disegala bidang dituntut untuk menselaraskan pembangunan sumberdaya manusia agar mampu memnuhi kebutuhan tenaga ahli yang dibutuhkan dalam pembangunan NTB Gemilang.

Sehubungan dengan hal tersebut, untuk mendukung ketersediaan tenaga ahli spesialis dibidang kesehatan, Fakultas Kedokteran Unram yang menjalin kolaborasi dengan RSUP NTB menggelar Evaluasi Lapangan Pembukaan Program Study (Prody) Obstetry dan Ginekologi (OBSGIN) program Spesialis dan Kedokteran Kelautan program spesialis Universitas Mataram oleh Tim Visitasi Direktorat Kelembagaan Dan Ditjen Pendidikan Tinggi Riset dan Tekhnologi pada hari Selasa –Kamis tanggal 6 April 2023 di Aula Rinjani RSUD Provinsi NTB.

RSUP NTB Kolaborasi Dengan FK Unram Buka Prody OBSGIN Program Spesialis
RSUP NTB Kolaborasi Dengan FK Unram Buka Prody OBSGIN Program Spesialis

Acara yang dihadiri oleh seluruh civitas dokter ahli RSUP NTB, Direktur RSUP NTB, Direktur RSUD HM. Ruslan Mataram, Rektor Unram, dokter legendaris Susbandoro, Perwakilan Tim Evaluasi lapangan Direktorat Kelembagaan, Danlanal Mataram, dan Wakil Gubernur NTB tersebut berlangsung penuh kehangatan.

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr Hj Sitti Rohmi Djalillah, MPd., dalam sambutan hangatnya mengatakan bahwa RSUP NTB didampingi oleh puluhan dokter senior yang membuatnya lebih pantas membuka  Program Study (Prody) Obstetry dan Ginekologi (OBSGIN).

RSUP NTB Kolaborasi Dengan FK Unram Buka Prody OBSGIN Program Spesialis
RSUP NTB Kolaborasi Dengan FK Unram Buka Prody OBSGIN Program Spesialis

“RSUP NTB sudah memiliki banyak dokter senior, sehingga sudah pantas membuka Program Study (Prody) Obstetry dan Ginekologi (OBSGIN). Saya hadir disini untuk meneguhkan bahwa komitment kami untuk pembangunan sumberdaya manusia tidak diragukan. Kami sangat mensuport Unram untuk membuka program Spesialis dan Kedokteran Kelautan program spesialis,”ungkapnya.

Terkait peran RSUP NTB dalam program tersebut, Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi NTB dr.H Lalu Herman Mahaputra, M. Kes, MH., secara terpisah menjelaskan bahwa, RSUP NTB sebagai wahana untuk mendidik para calon dokter spesialis.

“Kami sebagai wahana untuk mendidik para calon calon dokter spesialis dengan program yang akan dibuka Unram yaitu Study (Prody) Obstetry dan Ginekologi (OBSGIN) kedokteran kelautan merupakan terobosan yang luar biasa, karena nanti diharapkan untuk mencetak SDM. Nach untuk kedokteran kelautan itu ranahnya RSUD Kota Mataram,”terangnya.

Direktur RSUD Kota Mataram, dr.Hj.Eka Nurhayati.,Sp.OG.Subsp.FER.,M.Kes.M.Sc.,dalam kesempatan yang sama mengatakan NTB merupakan arena DIVING paling ideal dan diburu dunia.

“Kita tahu NTB ini adalah tempat menyelam paling ideal dan dikunjungi wisaatawan dari seluruh dunia. Bukan hanya penyelam profesional, namun penyelam amatir juga memburunya sehingga bermunculan perusahaan perusahaan diving profesional. Saya melanjutkan yang pernah dirintis oleh dr. Jeck bekerjasama dengan penyelam profesional Lombok dan Sumbawa. Kedokteran Kelautan itu bertugas menilai para penyelam dalam memenuhi syarat standar layak untuk melakukan penyelaman. Dan jika terjadi komlikasi saat muncul dari dalam air maka para dokter kelautanlah yang mengani. Selain itu juga untuk melakukan tindakan evakuasi terhadap para penyelam yang mengalami kecelakaan,”pungkasnya. (N3G)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here