Kolaborasi BPHI Dengan Media Berbagi Kue Berbuka Membangun Harmoni Lintas Agama
Foto Bersama, Kolaborasi BPHI Dengan Media Berbagi Kue Berbuka Membangun Harmoni Lintas Agama

Matarammetro-Barisan Pemuda Hindu (BPHI) NTB berkolaborasi dengan Media Warta Bumigora dan Mataram Metro, berbagi kue berbuka puasa Ramadhan bagi pengendara motor di Depan Kanwil Kemenag NTB, Minggu (16/4/2023).

Agenda tersebut merupakan sensasi dalam Ramadhan 1444 H – 2023 karena untuk pertama kalinya pemuda Ummat Hindu Dharma NTB turun langsung ambil bagian dalam peduli Ramadhan sebagai wujud implementasi harmoni moderasi toleransi lintas agama sebagaimana yang diamanahkan oleh Ketua FKUB NTB Dr. Buya Muhammad Subeqi Sasaki, MA., Rapat Pengurus dan Sekretariatan FKUB Provinsi NTB dalam moumentum santap berbuka puasa, Sabtu 15 April 2023 kemarin.

Kolaborasi BPHI Dengan Media Berbagi Kue Berbuka Membangun Harmoni Lintas Agama
Kolaborasi BPHI Dengan Media Berbagi Kue Berbuka Membangun Harmoni Lintas Agama

Ketua BPHI ( Barisan Pemuda Hindu ) NTB, I Gede Sukarma Wesa yang memimpin aksi sosial tersebut yang diikuti sejumlah pemuda Hindu Kota Mataram dalam bagi-bagi kue Ramadhan tersebut, digelar pada pukul 16.30 WITA hingga menjelang waktu berbuka puasa.

I Gede Sukarma Wesa mengatakan, sebanyak 200 kotak kue berbuka puasa yang dibagikan. Tujuannya sendiri, yaitu sebagai aksi peduli sosial bagi umat Islam dalam moderasi dan toleransi antar umat beragama.

“Hari ini kita laksanakan toleransi itu sesuai dengan arahan Ketua FKUB Mataram dalam Rapat Pengurus dan Sekretariatan FKUB Provinsi NTB dan juga untuk membumikan toleransi sesuai amanat dari Ketua PHDI NTB sebagai dukungan toleransi sekaligus membangun kebersamaan moderasi beragama”, kata Gede.

“Kita sebagai pemuda intinya ingin menunjukkan solidaritas dan kebersamaan dalam hal ini untuk membangun toleransi, lanjutnya.

Kolaborasi BPHI Dengan Media Berbagi Kue Berbuka Membangun Harmoni Lintas Agama
Sekretaris PHDI prov.NTB Ir. I Made Sandiartha SH bersama Ketua BPHI ( Barisan Pemuda Hindu ) NTB, I Gede Sukarma Wesa saat membangun kesepakatan membumikan toleransi lintas agama

Aksi tersebut akan menjadi agenda rutin setiap ramadhan ditahun tahun berikutnya yang akan dikemas lebih baik dengan peningkatan jumlah paket kue dan titik aksi lebih menyebar.

Dia juga mengharapkan, aksi tersebut bisa semakin mempererat hubungan baik antar agama, yang selama ini sudah terjaga. Serta akan terus membangun toleransi dan kebersamaan, juga dalam istilahnya untuk mempersatukan Pemuda dari semua etnis, dari semua golongan bahwa kita itu satu NKRI, pungkas Gede.

Sekretaris PHDI prov.NTB Ir. I Made Sandiartha SH menambahkan PHDI akan tetap mendukung gerakan Pemuda Hindu dalam berbagai aksi sosial lainnya selama bertujuan untuk mempererat persatuan dan kesatuan guna menjaga harmoni lintas agama.

“Hal ini sangat baik untuk masyarakat terutama masyarakat muslim yang sedang melaksanakan ibadah puasa”, terangnya.

Saat ini Umat Hindu juga sudah mulai berkolaborasi antar semua umat lewat FKUB dan FKP untuk melebur sekat sekat yang menciptakan kesenjangan sosial antar ummat. Semoga barisan pemuda umat hindu ini tetap bersatu agar semua kegiatan dapat berjalan dengan lancar,” tutupnya.(N3G)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *