Nasi Bungkus Beracun, Puluhan Warga Pelambek Dilarikan Ke Puskesmas

 Nasi Bungkus Beracun, Puluhan Warga Pelambek Dilarikan Ke Puskesmas
31 Orang Warga Desa Pelambek Dilarikan Ke Puskesmas terdekat diduga mengkonsumsi nasi bungkus beracun

Matarammetro, Lombok Tengah-Puluhan warga Dusun Kerekok, Desa Pelambik, Kecamatan Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah mengalami keracunan, diduga akibat memakan nasi bungkus yang didapatkan saat mengikuti acara syukuran di salah satu rumah warga pada Kamis 16/03/2023 pukul 21.30 wita.

Kapolres Lombok Tengah AKBP Irfan Nurmansyah, SIK, MM melalui Kapolsek Praya Barat Daya IPTU Samsul Bahri dalam keterangan resminya pada Jumat 17/03/2023 membenarkan adanya hal tersebut.

Kejadiannya berawal pada Kamis 16/03/2023 pukul 18.30 wita, warga diundang oleh salah satu warga inisial W, perempuan, alamat Dusun Kerekok, Desa Pelambek, Kecamatan Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah mengikuti acara syukuran dirumahnya.

Untuk memberikan jamuan kepada tamunya, pemiilik acara inisial W menyuruh adiknya inisial R memesan nasi bungkus di warung M milik inisial DM yang berada di Desa Darek, Kecamatan Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah.

Setelah acara syukuran selesai nasi bungkus yang sudah dibeli tersebut yang berjumlah sebanyak 50 bungkus dibagikan kepada tamu yang datang pada acara tersebut, selanjutnya tamu undangan pulang kerumah masing masing dengan membawa nasi bungkus yang sudah dibagikan.

Selang ± 30 menit warga yang memakan nasi bungkus tersebut mendapat keluhan mual, muntah, nyeri perut dan lemas sehingga dilarikan ke Puskesmas. Ada yang dibawa Ke Puskesmas Darek sebanyak 3 orang, Puskesmas Penujak sebanyak 7 orang dan Puskesmas Batujai sebanyak 21 orang.

“Rata rata korban mengalami mual, muntah, nyeri perut, dan lemas dan korban keracunan didominasi anak kecil, balita dan orang tua yang sudah lanjut usia” jelas Kapolsek.

Menerima laporan tentang peristiwa tersebut anggota Polsek Praya Barat Daya langsung turun mengecek kondisi para korban di masing-masing Puskesmas tempat dirawat.

Kemudian mengamankan sisa nasi bungkus di pemilik acara serta meminta keterangan pemilik acara syukuran dan penjual nasi/pemilik warung tempat membeli nasi bungkus tersebut.

“Untuk saat ini seluruh korban keracunan masih menjalaini perawatan di masing masing Puskesmas tempat mereka  dirawat. Dan sampel makanan sudah diserahkan ke pihak Puskesmas Darek untuk dilakukan pemeriksaan agar diketahui kandungan yang terdapat didalamnya” tutup IPTU Samsul Bahri.(Rsl.kabiro loteng)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here