Koramil Gunung Sari Reaksi Cepat Bantu Warga Terdampak Longsor Dusun Penanggak
Talud/pondasi rumah milik Ibu MURINAH dan Bapak M. Yunus tergerus longsor.

Matarammetro-Intensitas hujan tinggi menyebabkan tanah jadi labil yang rentan terjadi longsor. Hal tersebut terjadi di Dusun Penanggak Barat, Desa Persiapan Penanggak, Kecamatan Batulayar Lombok Barat yang menggerus rumah milik salah satu warga.

Peristiwa tersebut dilaporkan Babinsa Desa Batu Layar Sertu Deddy Heriawan ke Makoramil 1606-07/Gunungsari pada Sabtu 11 Februari 2023.

Danramil 1606-07/Gunung Sari Kapt. Inf. Wayan Sulendra, S.H., M.H., mengatakan bahwa peristiwa tersebut terjadi akibat curah hujan yang cukup tinggi beberapa hari terakhir yang dibarengi angin kencang sehingga tanah dilokasi tersebut lembab dan labil.

“Tanahnya labil dan lembab akibat curah hujan yang tinggi disertai angin kencang menyebabkan terjadinya longsor. Tidak ada korban jiwa, hanya rumah salah satu warga atas nama Ibu MURINAH dan Bapak M. Yunus. Hanya saja dikhawatirkan ada 7 rumah lainnya lagi yang rawan dan berpotensi tergerus longsor,”ujarnya.

Menurut laporan yang diterima melalui Babinsa Desa Batu Layar Sertu Deddy Heriawan menjelaskan sejumlah fakta fakta bahwa, pada hari Sabtu, 11 Februari 2023, sekitar pukul 06.30 Wita,telah diterima informasi adanya tanah longsor yang terjadi dekat dengan pekarangan rumah milik warga di Dusun Penanggak Barat, Desa Persiapan Penanggak, Kec. Batulayar, Kab. Lobar.

Koramil Gunung Sari Reaksi Cepat Bantu Warga Terdampak Longsor Dusun Penanggak
Talud/pondasi rumah milik Ibu MURINAH dan Bapak M. Yunus tergerus longsor.

Selanjutnya setelah menerima laporan tersebut,Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Batulayar AIPDA Lalu Ningrat Dwipayana, bersama warga melakukan pengecekan di lokasi longsor guna memastikan dampak yang ditimbulkan pasca longsor.

Dari hasil pengecekan tersebut didapatkan bahwa, Talud/pondasi rumah milik Ibu MURINAH dan Bapak M. Yunus tergerus longsor. Selain itu Pasca terjadinya tanah longsor tersebut, terdapat potensi kerawanan yang nantinya bisa berdampak terhadap rumah warga dibawahnya, diantaranya, Rumah milik Ibu Misni, Rumah milik Amnah, Rumah milik Sahari, Rumah milik Hj. Jannah, Rumah milik Surniah, Rumah milik Juniah.

Dijelaskan oleh warga pemilik rumah bahwa terjadinya tanah longsor tersebut akibat intensitas hujan yang turun sangat lebat beberapa hari terakhir, serta lokasi rumah warga yang berdekatan dengan tebing, sehingga mengakibatkan pondasi rumah ibu Murinah ikut tergerus longsoran.

Untuk mengantisifasi terjadinya hal – hal yang dapat membahayakan warga yang tinggal di areal longsoran seperti adanya longsor susulan sehingga meminta warga untuk sementara waktu tidak beraktifitas di areal yang rawan longsor dan pemilik rumah diharapkan untuk bisa mengungsi di rumah keluarga/tetangga terdekat yang posisinya aman.

“Anggota segera kita kerahkan untuk memantau dan membantu evakuasi warga yang lain yang diperkirakan berpotensi terdampak longsor lainnya. Dan Anggota Koramil 1606-07/Gunungsari bergerak cepat melakukan tindakan pengamanan dan penjagaan 1 kali 24 jam,”tegas Sulendra.(N3G)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *