2 Tahun Layanan Ekstra Pramusada Puskesmas Tratak

Matarammetro, Lombok Tengah-Pramusada merupakan inovasi kreatif dalam layanan kesehatan guna menciptakan suasana aman, nyaman dan ramah tamah dalam pelayanan unit kesehatan masyarakat.

Penerapan Pramusada Puskesmas Tratak Desa Tratak Kecamatan Batu Kliang Utara (BKU) Kabupaten Lombok Tengah sudah 2 tahun berlangsung dengan penampilan berpasangan setiap hari pada jam kerja.

Terkait hal tersebut Kepala Puskesmas (KAPUS) Tratak H. Ahmad Safwan,S Kep., mengatakan bahwa penerapan Pramusada di lingkungan kerja Puskesmas Tratak dihajatkan sebagai penerima masukan dari masyarakat terkait pelayanan.

“Untuk pramusada ini memang hajatan kita bersama yang berperan sebagai menerima masukan dari masyarakat terkait dengan pelayanan. Pelayanan secara umum mereka menyimpulkan bahwa masih kurang kwalitas pelayanan dengan keluhan keluhan dari masyarakat kita serap kita terima dan kita tindak lanjuti dengan menyiapkan pramusada sehingga siapapun berkunjung yang datang baik sehat maupun sakit itu nanti sebelum mereka bertanya kita akan menanyakan kepada mereka ada perlu apa ,mau kemana,cari siapa dan begitu seterusnya” Ungkapnya, Senin27/2/2023 di Ruang kerjanya.

Selain itu, menurutnya peran pramusada juga sebagai satuan tugas reaksi cepat dalam pelayanan gawat darurat. Mereka harus cepat tanggap dan bereaksi cepat mengambil tindakan standar pelayanan darurat.

Lanjut Safwan,”Disamping itu, pramusada befungsi sebagai visual Scrining, dari melihat saja mereka sudah bisa menyimpulkan kira kira arahnya mau kemana. Visuall Scrining ini tidak abal abal, sudah melalui pelatihan oleh Dokter.

Dituturkannya juga bahwa ide kreatif tersebut berawal dari melihat layanan yang dilakukan di ritail ritail.

“Kalau di Indomart setiap pengunjung yang datang selalu disambut dengan ucapanselamat datang kendatipun merekan tidak ditoleh. Mencontoh itu, kami coba berdiskusi melakukan inovasi pramusada dan Alhamdulillah semua stap siap untuk melakukan itu. Dan  Alhamdulillah respon dari masyarakat sudah mulai sedikit ada perbaikan walaupun kami bukan yang terbaik tapi ada perbaikan dari yang dulunya mengatakan puskesmas Teratak itu masing kurang bagus pelayanannya. Nach sekarang sudah sudah 2 tahun layanan Pramusada diterapkan dan penilaian masyarakat sudah terbalik menjadi kalimat hamdalah Alhamdulillah sekarang sudah ada perbaikan semoga ada manfaatnya,”tutupnya.(Rsl. Biro Loteng)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here