Puskesmas Teruwai Sosialisasi dan Gelar Posyandu KIT Di Desa Pujut

Kepala Desa Teruwai Kecamatan Pujut Lombok-Tengah, HM Arta bersama Kordinator P2 Puskesmas Teruwai Haryan, S.Kep., Ns., Imunisasi Puskesmas Teruwai, Berikan Bantuan Kepada warga Desa Pujut diaula Kantor Desa Pujut Lombok Tengah, Rabu 25 Januari 2023.
Kepala Desa Teruwai Kecamatan Pujut Lombok-Tengah, HM Arta bersama Kordinator P2 Puskesmas Teruwai Haryan, S.Kep., Ns., Imunisasi Puskesmas Teruwai, Berikan Bantuan Kepada warga Desa Pujut diaula Kantor Desa Pujut Lombok Tengah, Rabu 25 Januari 2023.

Matarammetro-Posyandu (pos pelayanan terpadu) merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat. Berbeda dengan puskesmas yang memberikan pelayanan setiap hari, posyandu hanya melayani setidaknya 1 kali dalam sebulan. Lokasi posyandu umumnya mudah dijangkau masyarakat, mulai dari lingkungan desa atau kelurahan hingga RT dan RW.

Pos Pelayanan Kesehatan Terpadu Kit adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Posyandu Kit adalah paket set perlengkapan pos pelayanan terpadu di lingkungan masyarakat kabupaten, kota, dan provinsi melalui binaan dan pelatihan dari puskesmas dan puskesmas pembantu yang keluarkan programnya oleh Kemenkes RI. Pemaparan tersebut disampaikan Koordinator P2 Imunisasi Puskesmas Teruwai Haryan, S.Kep., Ns. Diaulan kantor Desa Pujut Kabupaten Lombok Tengah, Rabu 25/1/2023.

Kata Haryan,”Jadi kita serahkan “Posyandu Keluarga KIT” Kepada Posyandu Lingkuk Bat Wilayah Desa’Teruwai,  KIT Posyandu Keluarga ini ada berapa macam ada KIT posyandu untuk kesehatan ibu & anak, kemudian ada posyandu Keluarga KIT untuk lansia, kemudian ada Posyandu KIT Keluarga untuk PTM Lansia, kemudian ada alat cuci tangan, alat timbangan bayi balita ini semua bantuan Dinas kesehatan propinsi NTB, yang kita serahkan kekader”ungkapnya.

“Harapan kami semua Posyandu yang akan datang bisa mendapat Posyandu KIT semua, apalagi sekarang Posyandu khususnya di Lombok tengah menjadi’posyandu keluarga,jadi semua besok KiT untuk Posyandu Keluarga akan dapat oleh posyandu keluarga yang lain. Semua kader di wilayah kerja desa teruwai bisa berperan aktif dalam hal ikut memberikan informasi terkait dengan apalagi sekarang sudah stunting.”imbuhnya.

“BCG, imunisasi Posyandu Keluarga hanya ada di NTB di propinsi lain tidak ada posyandu Keluarga ini merupakan inovasi dari pada Wagub Dr.Sitti Rohmi Djalilah M.Pd., pertama ada di NTB posyandu keluarga ini, daerah lain belum ada Posyandu Keluarga. Dan program ini merupakan inovasi baru,”tegasnya.(Rsl)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here