Perhelatan Porprov NTB Dipastikan Tanggal 18 Februari

Perhelatan Porprov NTB Dipastikan Tanggal 18 Februari
Perhelatan Porprov NTB Dipastikan Tanggal 18 Februari

Matarammmetro Pagelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) NTB ke XI secara resmi akan dihelat pada tanggal 18 hingga 26 Februari 2023.

Dalam gelaran Porprov NTB tersebut , KONI NTB  akan mempertandingkan 36 cabang olahraga (cabor). Dalam 36 cabang olahraga tersebut, sekitar 4.910 atlet dan ofisial dari 10 Kota/Kabupaten se-NTB akan bertanding dan memperebutkan medali di masing-masing cabornya.

Perhelatan Porprov NTB Dipastikan Tanggal 18 Februari
Kepala Dispora NTB Drs. Tri Budiprayitno, M.Si.,

Terkait pra persiapan perhelatan akbar tersebut Kepala Dispora NTB Drs. Tri Budiprayitno, M.Si., dalam sebuah dialog yang didampingi Kabid Olahraga menuturkan bahwa, persiapan perhelatan penting tersebut sudah jauh jauh hari mulai dilakukan  sebelum dirinya menjabat Kepala Dispora yang baru terhitung 3 bulan memangku amanah tersebut, Kamis 12 Januari 2023.

“Persiapan pra Porprov NTB sudah jauh jauh hari dilakukan sebelum saya disini. Hari ini persis 3 bulan sudah saya menjabat di Dispora Provinsi NTB. Perhelatan Porprov ini sebenarnya disekenariokan digelar pada akhir tahun 2022. Karena anggaran tidak tersedia dan hanya 1 kabupaten yang siap sehingga digelar ditahun 2023 sebagaimana ketentuan perhelatan Multi Event ini digelar secara keorganisasian oleh KONI,”terangnya.

Menurutnya penetapan tanggal perhelatan multi event 4 Tahunan Porprov NTB tersebut melalui sebuah perjalanan panjang dan diwarnai sejumlah diskusi hingga terakhir konsolidasi kepanitiaan.

Dikatakannya juga seluruh rangkaian rencana kegiatan Porprov tersebut telah terkondisi dengan baik hingga penganggaran dari awal tahun anggaran 2023. Persiapan hingga menjelang pelaksanaan diyakini seluruh Kabupaten/Kota sudah menyatakan kesiapannya sebagai peserta dengan kongtingen atlitnya.

Lebih jauh dikatakannya bahwa olah raga sangat strategis menjadi Driving Port dalam sebuah daya saing suatu daerah. Porprov 4 tahun sekali tersebut sebagai ajang evaluasi proses pembinaan para atlit. Karena kompetisi merupakan tolok ukur kesuksesan sebuah pembinaan dibidang olahraga. Karena hasil penjaringan dalam perhelatan Porprov menjadi cikal bakal kompetitor daerah dalam ajang Pekan Olah Raga Nasional (PON) di Sumatera dan aceh, dan berlanjut ke asean games menuju juara dunia (Word Champions).

“Anggaran pendanaan untuk perhelatan Porprov 2023 ini dari hibbah Pemprov NTB kepada KONI NTB dengan nilai Rp. 7 M yang diharapkan mencukupi, meskipun jauh perbandingan nominalnya dari perhelatan sebelum bencana dan pandemic,”pungkasnya.(N3G)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here