Categories Berita Kesehatan

Dr. Jeck Resmi Dilantik Ketua MAKERSI NTB 2022-2025

Matarammetro- Direktur RSUD Provinsi NTB, dr. Lalu Herman Mahaputra M.Kes., MH., yang akrab disapa dr. Jeck resmi dilantik sebagai Ketua Majelis Kehormatan Etik Rumah Sakit (MAKERSI) Wilayah Nusa Tenggara Barat hari Sabtu 21 Januari 2023 di Lombok Astoria Hotel. Dalam acara tersebut secara bersamaan juga dilaksanakan pelantikan Pengurus Perhimpunan Rumah Sakit Sdeluruh Indonesia (PERSI) yang resmi dinakhodai Direktur RSUD H.M.Ruslan dr.Hj.Ni Ketut Eka Nurhayati, Sp.OG., Sub Specialis Fertilitas, M.Kes., M.Sc.

Pelantikan tersebut sekaligus pengukuhan kepengurusan kedua Organisasi fital kesehatan NTB yang disyahkan oleh Ketua Umum PERSI, dr. Bambang Wibowo, Sp.OG(K).,MARS.,FISQua., dan Ketua MAKERSI, Prof. Dr. Dr. Agus Purwadianto, S.H., M.Si., Sp. F.M(K)., yang dihadiri Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah, M.Pd.

Pelantikan tersebut ditandai dengan pembacaan naskah pelantikan resmi, yang dilanjutkan dengan penyematan lencana MAKERSI kepada Direktur RSUD Provinsi NTB, dr. Lalu Herman Mahaputra M.Kes., MH., dan lencana PERSI kepada Direktur RSUD H.M.Ruslan dr.Hj.Ni Ketut Eka Nurhayati, Sp.OG., Sub Specialis Fertilitas, M.Kes., M.Sc. yang diikuti pengurus lainnya, dan berikutnya penyerahan bendera Patakan PERSI oleh Ketua Umum PERSI, dr. Bambang Wibowo, Sp.OG(K).,MARS.,FISQua., kepada Direktur RSUD H.M.Ruslan dr.Hj.Ni Ketut Eka Nurhayati, Sp.OG., Sub Specialis Fertilitas, M.Kes., M.Sc.

Dr. Jeck Resmi Dilantik Ketua MAKERSI NTB 2022-2025
Direktur RSUD Provinsi NTB, dr. Lalu Herman Mahaputra M.Kes., MH.,menandatangani naskah pelantikan pengurus MAKERSI NTB 2022-2025 di Lombok Astoria Hotel, Sabtu 21 Januari 2023.

Ketua PERSI terpilih dr.Hj.Ni Ketut Eka Nurhayati, Sp.OG., Sub Specialis Fertilitas, M.Kes., M.Sc., dalam sambutannya mengatakan bahwa Direktur Rumah Sakit Se-NTB telah menunjuk dirinya untuk menakhodai PERSI NTB.

“Saya dipilih oleh seluruh Direktur Rumah Sakit SE-NTB untuk melanjutkan tongkat amanah memimpin PERSI NTB untu beberapa tahun kedepan. Ini adalah sebuah amanah dan tanggungjawab yang tidak mudah. Semoga juga saya amanah menjalankan tugas tugas PERSI ditahun tahun berikutnya,”ujarnya.

Dipaparkannya juga sejumlah peran Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah, M.Pd., dalam melakukan terobosan terobosan untuk pelayanan kesehatan masyarakat NTB dan NTB Sehat.

Dikatakannya juga tugas tugas PERSI NTB yang mewadahi seluruh rumah sakit se NTB kedepannya tidaklah mudah karena pemerintah mewajibkan semua pelayanan kesehatan harus menerapkan rekomendik elektronik.

“Ini butuh keseriusan dari semua rumah sakit dan klinik dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Persi akan memfasilititasi rumah sakit ataupun klinik yang mengalami kesulitan, dan jangan ketinggalan tekhnologi digitalisasi,”imbuhnya.

Dr. Jeck Resmi Dilantik Ketua MAKERSI NTB 2022-2025
Foto bareng Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah, M.Pd., bersama seluruh pengurus PARSI dan MAKERSI NTB usai rangkaian acara pelantikan di Lombok Astoria Hotel, Sabtu 21 Januari 2023

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah, M.Pd.,, menyampiakan pesan dalam sambutannya bahwa, kata sehat tidak begitu familiar ditengah masyarakat dibandingkan dikalangan para dokter dan nakes, sehingga menjadi keharusan para dokter dan nakes untuk menanamkan betapa sehat merupakan sebuah karunia nikmat, karena NTB adalah syurganya dunia.

“Jika kita bicara IPM, maka instrumen yang paling sulit untuk dinaikkan adalah dari sisi kesehatan, tidak seperti infrastruktur dalam waktu 100 hari kerja sudah dapat dilihat hasilnya, namun indeks kesehatan masyarakat membutuhkan waktu puluhan tahun untuk melihat hasinya,”ungkapnya sembari memotifasi para dokter yang hadir.

Terpisah, Ketua MAKERSI NTB terpilih, dr. Lalu Herman Mahaputra M.Kes., MH., mengatakan bahwa, MAKERSI bertugas mengurus kode etik rumah sakit.

“Artinya kita akan berkolaborasi dengan ketua PERSI bersama seluruh rumah sakit se-NTB untuk bersama sama sesuai acuan yang dibuat oleh MAKERSI pusat. Tidak gampang mengurus sebuah rumah sakit karena fariabelnya cukup banyak. Disanalah peran direktur beserta jajarannya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat sesuai kaidah kaidah yang ada,”ungkapnya.

“Kolaborasi seluruh rumah sakit sangat penting dalam memberikan produck produck unggulannya yang akan dipersembahkan kepada masyarakat NTB agar tidak ada lagi persaingan secara tidak sehat antara rumah sakit. Kita berharap dengan kepengurusan yang baru semua rumah sakit yang ada di NTB menjadi kompak, dan saya yakin itu terlaksana,”tegasnya.(N3G)

 

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

mungkin menarik