14 Anak di Vaksin BCG Di 7 Desa Binaan Puskesmas Pengadang.

 14 Anak di Vaksin BCG Di 7 Desa Binaan Puskesmas Pengadang.
Kepala Puskesmas (Kapus) Pengadang Ns. Hermandi, S. Kep

Matarammetro, Lombok Tengah- Kepala Puskesmas (Kapus) Pengadang Ns. Hermandi, S. Kep mengatakan bahwa, capaian BCG untuk akhir bulan Desember pelayanan sendiri sudah Mencapai 106,9%, polio-1, total pencapian 106,9% , untuk yang DPT-1 mencapai 122,9% , dan polio-2 sebanyak 122.9%.

Lanjut Hermadi,” Phenomoni 125,9%, Terus DPT-2 ada 123% baik sama poli TG 123%, phenomi-2 pemberian  126%. untuk vaksin IVV pencapaian 125%, campak kami sudah mencapai 123%,  durasi lengkap bayi 112%.  Itu hasil capian kami sampai dengan akhir bulan Desember 2022 di 7 desa binaan, dan Jumlah total bayi yang ada di 7desa adalah yang  laki :334 , dan perempuan 335. Jadi total bayi yang ada di 7 desa binaan ada 669 di  tahun 2022 yang mendapatkan seluruh antigen vaksin baik dari bayi 0 thn -s/d campak di tahun 2022,”paparnya.

Menurutnya,  dengan pelaksanaan seluruh program tersebut dukungan dana sangat menentukan tingkat capaian target.  Untuk menggiring program menuju posyandu Keluarga pihaknya mengaku harus mempersiapkan pendukung utama dan juga kesiapan menerima organisasi sosial dan kesehatan sebagai pendukung lainnya.

“Ada juga dukungan lainnya misalnya ada organisasi Chief cHildrens, karena kita siap maka setiap saat bisa masuk. Keterlibatan perangkat Desa juga sangat membantu yang juga harus didukung SK dari Kecamatan dan menjadi sebuah kolaborasi. Gebrakan ibu wagub Dr. Hj Siti Rohmi Djalilah, M.Pd., dengan program posyandu keluarga sangat memberikan motifasi, karena masyarakat bisa berkumpul seperti satu keluarga besar di posyandu keluarga,”ungkapnya.

Dikatakannya juga bahwaPuskesmas pengadang juga melayani Statics yang biasnaya dilaksanakan setiap hari Jum’at.

“Total pelayanan hari ini ada 14 anak yang di BCG dari tujuh Desa yang ada di entitas di wilayah Pengadang,Desa Prai Make, Desa Jurangjaler, Desa Beraim, Desa Dakung ,dan kelurahan gerantung,(7 Desa binaan), berarti total BCG yang keluar hari ini satu VIAL (1 botol-10 orang). Biasanya di pustu juga ada pelayanan untuk BCG, tapi biasanya mereka berbarengan dengan Posyandunya,”tuturnya.

“Petugas Nakes turun langsung baik dari petugas perawat, Gizi ,bidan, untuk pelayanan posyandu terkadang biasanya berbarengan dengan ada Posyandu Keluarga, yang di barengi dengan PTV untuk pemeriksaan Jiwa, lansia, PTM 15-. 60, imunisasi,Gizi,mata,Kesling,tridan, PHN, bersamaan dengan pelayanan puskesmas keliling,”ungkapnya.(Rsl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here