Pupinka Sumbawa, NTB Raih Penghargaan KAWAN RUKI dari META.

Pupinka Sumbawa, NTB Raih Penghargaan KAWAN RUKI dari META.
Pupinka Sumbawa, NTB Raih Penghargaan KAWAN RUKI dari META.

Matarammetro-Di Kantor Impact Hub Jakarta pada tanggal 16 Desember 2022 , dilaksanakan kegiatan Apresiasi KAWAN RUKI dari Meta melalui Ruang Komunal Indonesia (RUKI). Apresiasi diberikan di Jakarta pada kegiatan RUKI Community Gathering 2022 yang merupakan salah satu rangkaian dari program KAWAN RUKI

KAWAN RUKI (Kelompok Pembawa Perubahan bersama RUKI) adalah program baru dari Ruang Komunal Indonesia untuk mengapresiasi para pelaku komunitas dan mendukung misi mereka untuk memberikan dampak positif lebih besar lagi. Bidang yang difokuskan ada 7 yaitu Lingkungan; Pendidikan; Perempuan, Orang Tua dan Anak; Kesehatan (fisik maupun mental); Disabilitas (Tuli, Netra, Daksa, Grahita); Teknologi (termasuk literasi digital); Kemanusiaan, Kepemudaan dan Sosial .

Pupinka yang mendaftar pada kategori Kemanusian, Kepemudaaan dan sosial berhasil menang bersama 6 komunitas lain nya dari seluruh Indonesia. Setelah sebelumnya melewati tahap seleksi sangat ketat dari ratusan komunitas yang mendaftar dan akhirnya di sseleksi menjadi 21 komunitas untuk melalui tahap vote dan akhirnya setelah dikompilasi dari nilai dari dewan juri akhirnya Pupinkan terpilih menjadi Kawan Ruki 2022.

Pupinka Sumbawa, NTB Raih Penghargaan KAWAN RUKI dari META.
Pupinka Sumbawa, NTB Raih Penghargaan KAWAN RUKI dari META.

Pupinlan bersama 6 KAWAN RUKI yang terpilih lain nya akan menjadi partner RUKI dari META untuk membuat inisiatif program kolaborasi sesuai isu di bidang masing-masing. Mereka juga akan mendapatkan mentoring dari sisi business model serta program organisasi.

Terpilihnya Pupinka sebagai KAWAN RUKI pada tanggal 16 Desember lalu, menjadi kado spesial yang dipersembahkan untuk Hari Ulang Tahun NTB ke 64 pada tanggal 17 Desember 2022 ujar Dicky selaku Founder Pupinka.

Adapun  7 komunitas yang  berhasil terpilih menjadi KAWAN RUKI 2022 yaitu :

  1. Bidang Kepemudaan, Kemanusiaan dsn Sosial : Pustaka Pinggir Kali (Sumbawa, NTB)

2.Kategori Lingkungan : Rumah Bahari Gemilang (Palu, Sulteng)

3.Kategori Teknologi : Sentra Kreatif Lestari /Sekelas. (Siak, Riau)

4.Kategori Kesehatan : Welbeing Shelter (Aceh)

5.Kategori Pendidikan : TBM Rumah Kreatif  Sahabat Nusantara (Ende, NTT)

6.Kategori Perempuan, Orang dan Anak : Muslimah Swimming Squad ( Surabaya, Jatim)

7.Kategori Disabilitas : Lingkar Sosial Indonesia/Linksos (Malang, Jatim)

 

Tentang Ruang Komunal Indonesia (RUKI)

Ruang Komunal Indonesia (RUKI) adalah ruang kolaboratif yang di inisiasi oleh Facebook. Ruang yang aman dan nyaman untuk komunitas berkumpul dan terhubung dengan lebih bermakna. Kami ingin menciptakan tempat bagi beragam komunitas untuk saling belajar dan bagi penggerak komunitas untuk berbagi cerita dan pengalaman mereka satu sama lain.

Ruang Komunal Indonesia berada di platform META Group sebagai ruang virtual dan terbuka untuk seluruh komunitas di seluruh Indonesi.(Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here