Hamdi,S.Pd.Kepala SMKN 1 Kopang: Program SMK Pusat Keunggulan

Hamdi,S.Pd.Kepala SMKN 1 Kopang.
Hamdi,S.Pd.Kepala SMKN 1 Kopang.

Matarammetro-Lombok Tengah SMK-PK merupakan salah satu program prioritas dari Direktorat Jendral Pendidikan Vokasi Kemendikbud pada tahun 2021  program ini lahir sebagai upaya pengembangan SMK dengan program keahlian tertentu agar mengalami peningkatan kuaitas dan kinerja.Tentunya, pencapaian tersebut harus di perkuat dengan adanya’ kemitraan dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI),plus hadirnya pemerintah daerah setempat beserta perguruan tinggi vokasi sebagai pendamping. Hal tersebut disampaikan Hamdi,S.Pd.Kepala SMKN 1 Kopang, 12 Desember 2022.

Selain itu,melalui program SMK PK ini juga di harapkan  dapat menjadi sekolah rujukan dan pusat peningkatan kulitas dan kinerja sekolah di sekitarnya agar semakin relevan dengan kebutuhan dunia kerja maupun industri,”SMK PK termasuk dalam salah satu program unggulan.ini akan menjadi’ Merdeka Belajar’ yang ke-8.Proses penyiapanpan sangat detail karena menyangkut 1,5 juta lulusan SMK baik yang bekerja, melanjutkan ke perguruan tinggi maupun wirausaha, yang semuanya harus “link andmach,” dengan dunia usaha dan industri,”terang kepsek.

SMK PK sendiri di ketahui merupakan kelanjutan dari program sebelumnya, yakni SMK Center of Excellence (COE) dan Revitalisasi SMK ,”satu aspek yang belum selesai adalah pendamping kampus’,inilah yang menjadi pembeda dengan SMK COE.,”jelas Hamdi.

SMK PK merupakan salah satu program prioritas dari Direktorat Jendral Pendidikan Vokasi Kemendikbud pada tahun 2021, Program ini lahir sebagai upaya pengembangan SMK dengan program keahlian tertentu agar mengalami peningkatan kulitas dan kinerja tentunya, pencapaian tersebut harus di perkuat dengan adanya’kemitraan dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI),plus hadirnya pemerintah daerah setempat beserta perguruan tinggi vokasi sebagai pendamping.

SMK Pusat Keunggulan bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha Melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja serta di harapkan menjadi pusat peningkatan kualitas dan rujukan bagi SMK lainnya.

“Selain itu,melalui program SMK PK ini juga di harapkan dapat menjadi sekolah rujukan dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja,”tutupnya.(Rsl/Biro Loteng))

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here