Kepala DPMD Dukcapil NTB L. Ahmad Nur Aulia, S.STP.,
Kepala DPMD Dukcapil NTB L. Ahmad Nur Aulia, S.STP.,

Matarammetro-Suksesnya Ivent WSBK Pertamina Mandalika 2022 adalah sebuah rotasi estafet menuju NTB Gemilang dengan skedul yang luar biasa yang terbangun bersama pemerintah daerah dan peran kerifan lokal sebagai pewarna gelaran ivent yang bertaraf internsional tersebut.

Dengan keberhasilan gelaran WSBK yang kedua kalinya ini tentunya telah membangun opini positif tentang NTB khususnya dan Indonesia umumnya dengan segala potensinya yang menjanjikan terhadap investor asing dan para wisatawan.

Terkait dengan hal tersebut Kepala DPMD Dukcapil NTB L. Ahmad Nur Aulia, S.STP., diruang kerjanya mengatakan bahwa, WSBK adalah gelaran ivent yang skalanya internasional yang dapat mentrigger (pendorong) konsep konsep pemberdayaan pada levelnya.

Lanjut Aulia,”Misalnya Mandalika dengan ITDC dan juga desa desa penyangganya. Desa juga tidak hanya ada ddiLombok Tengah saja. Ada juga desa desa wisata di Lombok Barat dan daerah lain yang tersebar di NTB. Nach ini yang harus kita optimalkan peluang peluangnya. Bukan hanya menjadi tugas Pemprov, tetapi juga menjadi tanggungjawab Kabupaten/kota. Dan Kota adalah daerah yang paling menikmati khususnya sektor jasa,”terangnya.

Dikatakannya juga perlunya merubah pola dari motifasi pengunjung yang hanya sekedar menonton GP menjadi berwisata sehingga bisa lebih lama tinggal di NTB.

“Kita harus merubah polanya, kita ketahui gelaran WSBK itu sudah ada skedul yang terbangun. Tetapi kalau kita merubah polanya agar pengunjung tidak hanya sekedar datang menonton GP saja, tetapi kita rangsang dengan suguhan wisata sehingga mereka bisa dan mau lebih lama lagi tinggal di NTB, sehingga pendapatan daerah tidak hanya dari gelaran ivent saja, tetapi dari sektor wisata juga turut terdongkrak. Hal ini dapat terwujud dengan mentrigger (mendorong, red) pembangunan dan pengembangan wisata desa yang tentunya membutuhkan dukungan sarana dan prasarana yang memadai agar cakupan ivent WSBK kedepan menjadi lebih meluas dan lebih besar,”paparnya. (red)

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *