Gubernur Dukung Penuh Upacara Mulang Pekelem 2022

Gubernur Dukung Penuh Upacara Mulang Pekelem 2022
Gubernur Dukung Penuh Upacara Mulang Pekelem 2022

Matarammetro—Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, menerima audiensi dengan panitia Upacara Mulang Pekelem Tahun 2022. Dalam audiensi tersebut Gubernur mendukung penuh pelaksanaan kegiatan spritual Umat Hindu tersebut.

Hal tersebut disampaikannya saat bertemu dengan panitia pelaksana Upacara Mulang Pekelem di Pendopo Gubernur, Mataram pada Selasa (25/10).

“Akan kami bantu kegiatan-kegitan seperti ini, dan nantinya saya akan hadir langsung dalam rangakaian kegitan ini,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Upacara Mulang Pekelem, Drs. I Wayan Suharta Putra menjelaskan tujuan dari upacara ini merupakan pengorbanan atau upacara suci agar alam Gumi (Bumi) bersih dari kekuatan roh jahat. Sehingga manusia dan alam dapat hidup secara harmonis dan saling menjaga.

“Kegiatan ini rutim kami lakukan satu tahun sekali, dengan tujuan bumi bersih dari kekuatan roh jahat atau juga bencana,” terangnya.

Dijelaskan nantinya kegiatan ini diadakan mulai dari 3 s.d 8 Nopember 2022. Nantinya rute yang ditempuh dimulai dari Pura Jagatnatha Mayura Cakranegara untuk rangakaian pelepasan yang selanjutnya menuju pendakian Jalur Torean di Pegadungan, Dusun Senange, Desa Sambik Elen Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara menuju Gua Susu dan Danau Segara Anak Gunung Rinjani.

Lanjutnya, Ia berharap agar Gubernur NTB dapat membuka sekaligus melepas Umat Hindu yang akan melaksanakan Upacara Mulang Pekelem di Pura Jagatnatha Mayura Cakranegara pada tanggal 3 Nopember nanti. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here