Dirut RSUP NTB Apresiasi Kesuksesan Tim Medis Selamatkan 4 Bayi Kembar
Dirut RSUP NTB Apresiasi Kesuksesan Tim Medis Selamatkan 4 Bayi Kembar

Matarammetro—Peningkatan layanan RSUP NTB sebagai Rumah Sakit Internasional dengan dukungan tekhnologi dan fasilitas serta peningkatan kwalitas sumberdaya Tim Medis telah mampu menunjukkan eksistensinya dengn keberhasilannya menangani operasi Caesar kembar 4 dan selamat.

Bayi kembar empat yang lahir dengan selamat melalui proses operasi caesar di RSUD Provinsi NTB, pada Rabu (7/9) 2022 sekitar pukul 08.30 wita.

Keempat bayi kembar tersebut merupakan buah hati dari pasangan M. Umar (35 tahun) dan Siti Nursiah (35 tahun) ini berjenis kelamin laki-laki.

Bahagia dan lega dirasakan Bapak Umar setelah mengetahui bayinya lahir dengan selamat. Keempat bayi kembar tersebut merupakan putra ketiga pasangan petani yang berasal dari Kelurahan Kaboro, Kecamatan Labitu, Kabupaten Bima. Sebelumnya, pasangan ini telah memiliki seorang putra yang berusia 10 tahun dan seorang putri yang berusia 3 tahun.

Menurut dr. Agus Rusdhy H. Hamid, Sp.OG (K), MARS, Dokter Spesialis Obstetri Ginekologi Konsultan Fetomaternal RSUD Provinsi NTB yang mengepalai tim bedah pada operasi caesar tersebut mengatakan, kelahiran bayi kembar empat ini merupakan yang pertama di RSUD Provinsi NTB.

“Ibu bayi merupakan pasien rujukan dari Bima, dan operasi dilakukan dalam umur kehamilan 28/29 minggu. Alhamdulillah operasi berjalan lancar, kurang lebih sekitar 45 menit meskipun ini merupkan peristiw yang pertamakali dalam layanan RSUD Provinsi NTB. Ibu bayi dalam kondisi stabil” kata Rusdhy.

Kelahiran bayi kembar empat yang pertama kali di RSUD Provinsi NTB  ini mendapat atensi penuh dari Direktur RSUD Provinsi NTB, dr. H.L. Herman Mahaputra, M.Kes., M.H. yang akrab disapa dr. Jack. “Kelahiran ini dipersiapkan dengan matang, dimana sejak awal kedatangan, kondisi Ibu dan janin terus dipantau oleh pihak RS. Ini termasuk kasus yang unik, karena kehamilan bayi kembar empat ini terjadi melalui proses pembuahan yang normal, bukan pembuahan buatan atau melalui proses bayi tabung. Kami mengapresiasi juga atas kegigihan dan keberhsilan Tim Medis dalam penanganan kasus kelahiran langka seperti ini”, terang dr Jack.

Diketahui bayi I lahir dengan BB 1350 gr, bayi II dgn BB 1370 gr, bayi III dgn BB 1100 gr dan bayi keempat lahir dgn BB 1195 gr. Keempat bayi yang lahir berselang 1 menit tsb, saat ini mendapat perawatan intensive di ruang NICU RSUD Provinsi NTB, ditangani oleh dr I Ketut Adi Wirawan, MSc., Sp.A (K) dan team.(N3G)

 

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *